Jakarta (ANTARA News) - Maybank Islamic menandatangani nota kesepahamaan (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Bank Syariah Mandiri membangun kerja sama lintas batas antara Malaysia dan Indonesia dibidang tresuri dan perdagangan sesuai prinsip syariah.

"Ada sinergi besar yang dapat dicapai melalui kerja sama dibidang transaksi perbankan terstruktur, yang ditawarkan dan dilakukan sesuai dengan prinsip Syariah Islam," kata Chief Executive Officer Maybank Islamic, Muzaffar Hisyam, melalui siaran pers di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, kerja sama dengan mitra lokal besar, yakni antara Bank Syariah Mandiri dengan Grup Maybank, termasuk Bank Internasional Indonesia (BII) dan Maybank Syariah Indonesia (MSI) merupakan sarana dalam upaya untuk lebih mengembangkan industri perbankan Syariah di Indonesia.

Penandatangan perjanjian kerja sama telah dilakukan dalam acara khusus Konperensi Tingkat Tinggi Keuangan Islam di Jakarta, yang diselenggarakan oleh Bank Negara Malaysia dan bank dari Indonesia, yang perjanjian tersebut ditandatangani oleh masing-masing Muzaffar Hisyam dengan Presiden Direktur Bank Syariah Mandiri, Yuslam Fauzi.

Penandatangan tersebut disaksikan oleh Duta Besar Internasional Islamic Financial Center (MIFC), Raja Nazrin Shah HRH, dan Gubernur Bank Negara Malaysia, Tan Sri Dr Zeti Akhtar Aziz, dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution.

Statistik perdagangan Malaysia per April 2011 menunjukkan keseluruhan nilai impor Malaysia dari sepuluh Negara Impor tertinggi Malaysia dan Republik Indonesia mencapai 146,10 miliar ringgit Malaysia atau 80,5 persen dari total impor Malaysia.

Ekspor Malaysia untuk ASEAN sebesar 56,1 miliar ringgit Malaysia atau 25 persen selama periode Januari 2011-April 2011.

Transaksi yang mencakup transaksi Tresuri dan perdagangan untuk tujuan pembiayaan Impor Perdagangan hal ini memungkinkan untuk mendorong perusahaan lokal melakukan kegiatan lintas batas yang lebih luas sesuai dengan Malaysia Internasional Financial Center - Bank Negara Malaysia (MIFC-BNM) dan inisiatif Bank Indonesia untuk melakukan Integrasi secara Global.

Kerja sama ini akan membuka jalan kedepan untuk melakukan Integrasi Perbankan Syariah secara Global dan mengatur Aliansi Strategis secara Regional.
(T.M-AMT/A025)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011