Dia bukan hanya warga kota
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Youth 20 dapat memberi kesempatan para pemuda Indonesia menjadi warga "dunia" lewat pertemuan bertaraf internasional tersebut.

Hal itu dikatakan Anies usai membahas persiapan KTT Youth 20 dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ketua Indonesia Youth Diplomacy Michael Victor Sianipar.

Baca juga: Anies dan Ridwan Kamil bertemu bahas KTT Youth 20

"Kita berharap ini kesempatan untuk anak-anak muda Indonesia merasakan sebagai warga dunia. Dia bukan hanya warga kota, bukan hanya warga negara tapi juga warga dunia," kata Anies saat ditemui di Tugu Kunstkring, Paleis, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu malam.

Anies juga mengharapkan wadah organisasi kepemudaan Indonesia Youth Diplomacy (IYD) dapat menggaungkan isu yang dibawa dalam konferensi kepada para pemuda di seluruh Indonesia.

Adapun KTT Youth 20 adalah wadah bagi pemimpin muda masa depan dari seluruh negara anggota G20 untuk berdiskusi, berargumen, dan bertukar ide, hingga mencapai kesepakatan bersama terkait agenda Presidensi G20.

Indonesia resmi menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Youth 20 pada 2022.

Baca juga: DKI kebut vaksinasi "booster" guna dukung agenda G20

Jakarta dan Bandung mendapat kepercayaan menjadi lokasi dari konferensi yang digelar pada Juli mendatang tersebut.

"Secara prinsip, kami dari Provinsi DKI Jakarta dan pengelolaannya semua oleh IYD, kami mendukung dalam bentuk anggaran, dalam bentuk fasilitas, sehingga mereka nanti bisa menyelenggarakan di sini," ujar Anies.

Seperti diketahui, Indonesia Youth Diplomacy dengan dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia ditunjuk untuk menjadi penyelenggara resmi Y20 Indonesia pada 2022.

Tema utama yang akan diangkat adalah "Dari Pemulihan ke Relisiensi: Membangun Kembali Agenda Pemuda Setelah COVID-19".

Baca juga: Pelaksanaan pertemuan G20 jalur keuangan di Bali pindah ke Jakarta

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022