Jakarta (ANTARA) - Daimler AG akan secara resmi berganti nama menjadi Mercedes-Benz Group AG pada 1 Februari mendatang. Dikutip dari Reuters, Sabtu, ini merupakan langkah yang diharapkan grup otomotif itu akan membuka nilai pemegang saham untuk perusahaan.

Perubahan tersebut merupakan yang terbaru dalam serangkaian perombakan struktural untuk perusahaan mobil yang memulai debutnya sebagai Daimler-Benz AG pada tahun 1926. Merek Mercedes sendiri secara resmi diadopsi oleh Daimler AG pada tahun 1902.

"Kami memiliki peluang nyata untuk meningkatkan banyak," kata CEO Ola Kaellenius, tanpa menyebutkan target penilaian spesifik untuk perusahaan yang sekarang bernilai hanya di bawah 77 miliar euro (85,70 miliar dolar AS).

Saham Daimler Truck AG, yang dipisahkan dari Mercedes-Benz yang baru dilantik Desember lalu, telah naik sedikit sejak debut pasar mereka diperdagangkan pada 32,23 euro pada hari Jumat (28/1).

Saham Mercedes-Benz, pada level tertingginya sejak 2015 pada November 2021, mencapai 74,25 pada hari perpecahan, tetapi memiliki tren sedikit lebih rendah sejak diperdagangkan pada 71,15 euro.

"Investor dapat mulai melihat Mercedes sebagai tipe Lucid Motors atau Tesla dan mulai memberikannya beberapa EV (kendaraan listrik)," kata analis mobil Eropa di RBC Capital Markets Tom Narayan.

"Tapi Lucid dan Tesla harus mulai dari 100 persen EV. Untuk Mercedes, Anda harus mengubah bisnis ICE (mesin pembakaran internal) yang ada menjadi EV. Itu mungkin batasan seberapa jauh kelipatannya bisa berjalan dalam waktu dekat," imbuhnya.

Daniel Schwarz, direktur manajemen di Stifel, mengatakan valuasi mencerminkan pandangan bahwa merek-merek Jerman bersikap defensif, dipaksa untuk melindungi pangsa pasar mereka.

"Penilaian Tesla didasarkan pada asumsi bahwa Tesla akan memenangkan pangsa pasar dari pabrikan Jerman, yang tidak memiliki potensi pertumbuhan pendapatan yang sebanding," katanya.

Baca juga: Produsen mobil China BAIC tingkatkan kepemilikan saham di Daimler AG

Baca juga: Mercedes Benz rencanakan boyong bus listrik ke Indonesia

Baca juga: DCVI kolaborasi Laksana kenalkan Mercedes-Benz OF 917 terbaru
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022