Jakarta (ANTARA) - Hyundai Ioniq 5 dan Kia EV6 menduduki posisi teratas dalam penghargaan Mobil Terbaik Tahun Ini 2021/2022 karena kualitas, inovasi, desain, dan teknologi mutakhirnya.

Hyundai Ioniq 5 dan Kia EV6 mengklaim gelar 'Mobil Terbaik Tahun Ini' dengan mengalahkan model-model baru dari merek premium mapan, termasuk Audi e-tron, Ford Mustang Mach-e dan Porsche Taycan.

Masing-masing dari sepuluh tempat teratas ditempati oleh merek berbeda yang mencakup enam negara yang tersebar di tiga benua penghasil mobil teratas dunia--Asia, Eropa, dan Amerika Utara.

"Kami bangga bahwa dua kendaraan listrik baterai khusus pertama kami secara bersama-sama dihormati sebagai Mobil Terbaik Tahun Ini," kata Heung Soo Kim, Kepala Divisi Bisnis EV di Hyundai Motor Group, dalam pernyataan resmi, dikutip Jumat.

Baca juga: Hyundai luncurkan taksi robo berbasis IONIQ 5

Hyundai Ioniq 5 diluncurkan pada tahun 2021 sebagai model pertama dalam jajaran merek kendaraan listrik baterai khusus (BEV) Ioniq Hyundai. Tampilan modern Ioniq 5 pada desain retro termasuk tudung clamshell pertama Hyundai dan lampu pemosisian berbentuk V yang eye-catching.

Bentuk depan dan belakang kendaraan menyatu di pintunya untuk menggambarkan etos desain 'Parametric Dynamics'. Dengan didasarkan pada arsitektur E-GMP (Electric Global Modular Platform), CUV yang sepenuhnya elektrik memiliki proporsi interior yang luas berkat wheelbase 3.000mm dengan overhang pendek di depan dan belakang.

Kombinasi seperti itu menghadirkan ruang interior yang luar biasa, kinerja dinamis, pengisian daya ultra-cepat, dan pengalaman di dalam mobil yang optimal, yang semuanya menambah daya tarik universal Iioniq 5, demikian klaim Hyundai.

Sementara Kia EV6 berbagi arsitektur E-GMP perintis Hyundai Grup, tetapi bentuknya yang skalabel dan modular memungkinkan kebebasan dalam desain eksternal yang secara jelas membedakan model Hyundai dan Kia satu sama lain.

Karena E-GMP telah dikembangkan secara khusus untuk EV, tidak ada mesin atau driveshaft yang memakan tempat, memberikan garis bodi cair EV6 dan tampilan yang lebih ramping dan sporty daripada saudaranya di Hyundai.

EV6 telah memenangkan beberapa penghargaan internasional sejak diluncurkan pada paruh kedua tahun 2021, dengan desain visionernya, pengalaman pengguna teknologi terhubung yang canggih, pengisian daya ultra-cepat 800V, dan karakteristik berkendara yang sporty dan dinamis, semuanya menarik banyak pujian.

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 2022 terjual habis dalam 2 jam di Australia

Baca juga: Kuasai segmen BEV Indonesia, Hyundai siapkan IONIQ 5

Baca juga: Hyundai IONIQ 5 terpilih jadi "Mobil Tahun Ini" di Jerman
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022