Berdasarkan kesepakatan, Pemerintah Kota Pagaralam telah menganggarkan dana yang diperlukan sebesar Rp5,206 miliar, dengan pembagian dari Pemerintah Provinsi Sumsel sebesar Rp3,573 miliar, semuanya sudah disalurkan melalui rekening sekolah masing-mas
Pagaralam, Sumsel  (ANTARA News) - Pemerintah Kota Pagaralam, Sumatera Selatan perlu melakukan evaluasi pelaksanaan program sekolah gratis, khususnya penggunaan anggaran yang sudah direalisasikan pemerintah provinsi dan kota setempat.

"Kita perlu melakukan evaluasi pelaksanaan program sekolah gratis, terutama dalam penggunaan anggaran yang sudah dikucurkan pemerintah mencapai sekitar Rp13,5 miliar pada tahun 2011 ini," kata Wali Kota Djazuli Kuris, di Pagaralam, Minggu.

Ia menyatakan, evaluasi itu sebagai salah satu upaya dalam memberikan penilaian atau tolok ukur sejauh mana keberhasilan program ini dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di daerahnya.

"Kami juga minta agar untuk mendukung kelanjutan program sekolah gratis perlu adanya peran aktif masyarakat ikut serta mengawasi jalannya program tersebut," kata dia lagi.

Dia menyatakan, untuk mendukung realisasi program sekolah gratis di berbagai daerah perlu peran aktif semua pihak, agar tidak terjadi lagi keluhan masyarakat tentang masih adanya pungutan dari pihak sekolah.

"Sumber dana untuk mendukung program sekolah gratis selama ini baik melalui APBD Kota Pagaralam maupun dari APBD Sumsel, sudah disalurkan melalui sekolah langsung, jadi tidak ada alasan lagi masih ada penarikan uang dari siswa," ujar dia pula.

Ia minta, masalah pungutan tambahan di sekolah itu perlu menjadi perhatian serius untuk sekolah yang berada di daerah terpencil.

Masyarakat setempat juga sangat diharapakan peran aktif, untuk ikut mengawasi dan melaporkan langsung kepada saya, jika masih ada sekolah melakukan pungutan dalam bentuk apa pun, kata Djazuli.

Dia menegaskan bahwa sekolah di daerahnya bukan hanya melalui program sekolah gratis saja mendapatkan bantuan, tapi juga melalui dana bantuan operasional sekolah (BOS) dan dana alokasi khusus (DAK).

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Pagaralam, Drs H Akmaludin, mengatakan, untuk merealisasikan program sekolah gratis di daerahnya total anggaran yang sudah disalurkan mencapai Rp8,390 miliar.

"Berdasarkan kesepakatan, Pemerintah Kota Pagaralam telah menganggarkan dana yang diperlukan sebesar Rp5,206 miliar, dengan pembagian dari Pemerintah Provinsi Sumsel sebesar Rp3,573 miliar, semuanya sudah disalurkan melalui rekening sekolah masing-masing," ujar dia.

Dia menambahkan, sesuai dengan kesepakatan antara pemprov dan pemkot setempat, dana yang dibebankan kepada Pemkot Pagaralam mencapai 40 persen dan provinsi 60 persennya.

"Untuk mendukung program sekolah gratis di Kota Pagaralam, pemerintah kota melalui APBD tahun 2011 mencapai Rp472 miliar, dan sudah direalisasikan 20 persen untuk bidang pendidikan," kata dia lagi.

Akmaludin menegaskan, keseluruhan anggaran 20 persen itu sudah dialokasikan di bidang pendidikan, dan berdasarkan jumlah pelajar di Pagaralam dari sekolah negeri maupun swasta yang mendapatkan dana sekolah gratis berjumlah 30.554 orang.

Ia merincikan, penerima subsidi program sekolah gratis itu adalah taman kanak-kanak, sekolah dasar sebanyak 16.290 murid, SMP sebanyak 6.844 siswa, dan pelajar SMA sebanyak 6,215 siswa.

(PSO-127)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011