Jakarta (ANTARA News) - Nokia Siemens Networks (NSN) sukses menguji coba TD-LTE (4G) untuk operator terbesar China, China Mobile, di kota Hangzhou dan Xiamen.

“Di kawasan Zheijang, kami mencetak tonggak sejarah pada awal tahun ini dengan 50 juta pelanggan dan juga dapat melihat ledakan akses data di dalam jaringan," kata Zhong Tianhua, General Manager China Mobile Group Zhejiang Co Ltd, dalam siaran pers Jumat.

Markus Borchert, Head of customer operations for Greater China Nokia Siemens Networks mengatakan, NSN berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem TD-LTE sejak awal.

"Akuisisi dengan Motorola Solution jelas memperkuat daya tawar pasar kami dan memungkinkan kami memberikan nilai yang lebih besar untuk para operator mengadopsi TD-LTE."

“Kepercayaan China Mobile terhadap kemampuan TD-LTE kami menegaskan kami (NSN) siap untuk menggelar TD-LTE secara komersial dalam skala besar,” katanya.

NSN memasang perangkat single RAN advanced TD-LTE pada spektrum 2,3 dan 2,6GHz.  Sistem manajemen jaringan NSN, NetAct, menyediakan kemampuan konfigurasi, pemantauan dan sistem dukungan operasional selama uji coba tersebut. Nokia Siemens Networks juga menyediakan layanan perencanaan dan optimalisasi jaringan.

Keuntungannya, pengguna jaringan uji coba itu dapat menikmati kecepatan puncak mengunduh dan mengunggah hingga 100 Mbps serta akses tanpa putus terhadap aplikasi-aplikasi seperti video streaming dan konferensi video online berkualitas HD.

(Adm/S026)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011