Jakarta (ANTARA) - Oli mesin kendaraan X-TEN buatan PT Surganya Motor Indonesia diklaim lebih awet dibanding oli lainnya yang di pasaran saat ini karena mampu bertahan hingga 5.000 km pemakaian.

Dengan berbahan dasar ester, oli X-TEN mampu bertahan lebih lama dan melindungi mesin lebih lama, demikian juga performanya.

"Kandungan ester yang terdapat pada oli X-TEN akan membersihkan sisa karbon yang menempel pada mesin. Karena, oli X-TEN mengikis habis sisa-sisa karbon tersebut dan efeknya tentu membuat tarikan mesin motor Anda akan enteng kembali," kata Kadiv Product and Service Development Surganya Motor Indonesia, Wisnu Satriya.

Baca juga: Gulf Oil luncurkan dua produk atasi masalah Low Speed Pre-Ignition

Oli X-TEN dengan kandungan ester akan mencegah komponen mesin motor dan mobil dari kerusakan. Sehingga usia pakai komponen di mesin lebih lama, kata Wisnu dalam pernyataan persnya, dikutip Selasa.

Bahkan, oli X-TEN juga berfungsi membentuk lapisan pelindung pada mesin. "Ester memiliki banyak sekali kelebihan dibanding bahan baku oli mineral atau full sintetik lain. Ester membuat mesin lebih tahan panas membentuk lapisan pelindung mesin yang membuat mesin tahan lama dan berpengaruh terhadap kehematan bahan bakar," jelasnya.

Wisnu menjelaskan, dengan formula ester di dalam olinya setelah diuji coba di laboratorium independen terkemuka, oli X-TEN untuk motor bisa digunakan sampai 5.000 km, sedangkan untuk mobil bisa mencapai 15.000 km tanpa mengurangi kualitas oli tersebut.

"Sudah diuji dan mendapat sertifikasi. Daya tahannya bisa 5.000 dan 15.000 km, berdasarkan pengujian endurance," kata Wisnu menambahkan.

Firma, seorang pengguna oli X-TEN mengakui kalau dirinya terbiasa mengganti oli di kisaran jarak 4000-5000 km. "Di kisaran 4000-5000 km, olinya masih terasa kaya baru ganti oli. Bahkan pernah saya pakai sampai 3 bulan, olinya masih kental," katanya.

Mengenai kualitas dan keamanannya, Wisnu menjamin Oli X-TEN tak perlu diragukan lagi. Oli produksi PT Surganya Motor Indonesia ini aman digunakan dan mutunya juga sudah mendapatkan sertifikasi dari SNI dan JASO.

Bagi pengguna motor big matic, X-TEN juga memproduksi oli X-TEN khusus untuk motor matik 150 cc, yakni X-TEN Double Ester Matic.

Baca juga: Jangan asal pilih oli mesin, ini alasannya menurut Rifat Sungkar

Baca juga: Optimalkan kinerja mesin dengan pelumas yang tepat

Baca juga: Pelumas ECSTAR punya varian baru untuk motor dan mesin kapal
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022