Lalu lintas data global tercatat stabil pada tingkat yang tinggi di 2021 usai merebaknya pandemi dan tahun pemecahan rekor pada 2020, serta terus mengalami pertumbuhan secara stabil.
Jakarta (ANTARA) - Lalu lintas data internet di DE-CIX Internet Exchanges global yang berbasis di Frankfurt, Jerman, mencatat lonjakan pada 2021 yang mencerminkan dampak dari pandemi COVID-19 terhadap masyarakat dan ekonomi.

Total lalu lintas data melalui DE-CIX, salah satu pertukaran internet terbesar di dunia, melampaui 38 eksabita (38 miliar gigabita) pada 2021, meningkat 20 persen secara tahunan (year on year), kata perusahaan itu pada Jumat (21/1).
 
Foto yang diabadikan pada 19 Februari 2020 ini menunjukkan area pameran Bosch Connected World 2020, konferensi tahunan tentang Internet of Things (IOT) yang diadakan oleh perusahaan teknik dan teknologi Jerman Bosch di Berlin, Jerman. (Xinhua/Yan Feng)


"Secara keseluruhan, lalu lintas data global tercatat stabil pada tingkat yang tinggi di 2021 usai merebaknya pandemi dan tahun pemecahan rekor pada 2020, serta terus mengalami pertumbuhan secara stabil," kata Kepala Produk dan Penelitian Global di DE-CIX Christoph Dietzel.

Volume arus (throughput) data konferensi video via pertukaran internet di Frankfurt tercatat tinggi pada bulan-bulan pertama 2021 tetapi menurun pada musim panas, ketika upaya karantina wilayah (lockdown) COVID-19 dan pembatasan kontak berakhir, menurut DE-CIX.
 
Layar komputer menunjukkan seorang siswa akademi tari nasional mengikuti kelas tari modern via tautan video di Roma, Italia, pada 16 November 2021. (Xinhua/Jin Mamengni)


"Sejumlah konsep, seperti bekerja dari rumah dengan konferensi video dan hiburan di rumah dengan streaming video dan gim, telah menjadi gaya hidup yang umum dalam kehidupan sehari-hari. Pertumbuhan ini akan berlanjut," kata Dietzel.

Untuk platform layanan streaming video seperti Netflix, Disney Plus, atau Amazon Prime Video, distribusinya serupa tetapi memiliki perbedaan musiman yang lebih kecil, menurut DE-CIX.

Sementara itu, lalu lintas data gim mencatat kondisi berbeda dengan nilai puncak yang dilaporkan pada bulan-bulan terakhir 2021.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2022