Jakarta (ANTARA) - PT Federal International Finance (FIFGROUP) mengadakan kegiatan “Hijaukan Bumi” dengan melakukan penanaman 33 ribu pohon untuk sepanjang tahun 2022 secara serentak di 10 titik wilayah Indonesia sebagai rangkaian peringatan hari ulang tahun ke-33.

Pada hari ini, salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk tersebut melangsungkan tahap pertama dengan penanaman 3.300 pohon atau 10 persen dari rencana program.

“Ini diharapkan dapat melindungi dan memulihkan penggunaan berkelanjutan ekosistem darat, mengelola hutan secara berkelanjutan, mengembalikan degradasi tanah, serta menghambat hilangnya keanekaragaman hayati,” kata Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP Margono Tanuwijaya di Batalyon Infanteri Mekanis 203 Arya Kemuning, Jatiuwung, Kota Tangerang, Jawa Barat, sebagaimana dalam keterangan pers, Jakarta, Jumat.

Acara ini bekerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 63 Pertanian di Jakarta dan pemerintah daerah setempat.

Lebih lanjut, dikatakan bencana alam dan perusakan alam yang diakibatkan oleh ulah manusia telah memberikan dampak buruk terhadap kelestarian lingkungan hidup.

Berdasarkan Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) yang merupakan badan antar pemerintah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), ungkap dia, dijelaskan bahwa kondisi pemanasan global berada di angka rata-rata 1,1 derajat celcius.

“Oleh karena itu, sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 13 tentang climate action dan nomor 15 tentang life on land, serta Environmental, Social & Governance (ESG) nomor 5 yaitu biodiversity, FIFGROUP berupaya melakukan penanganan perubahan iklim melalui program penghijauan (Aksi Tanam Pohon),” ujar Margono.

Penanaman pohon tahap pertama dilaksanakan serentak bersama 9 SMK yang tersebar di 9 titik lainnya, yaitu SMK 4 Bengkulu Utara di Kota Bengkulu sebanyak 365 pohon, SMK 2 Subang di Jawa Barat sebanyak 200 pohon, SMK 1 Nunukan di Kalimatan Utara sebanyak 475 pohon, SMK Pertanian Pembangunan Negeri (PPN) Padang di Sumatera Barat sebanyak 260 pohon, lalu SMK Negeri (SMKN) 1 Karang Baru di Aceh sebanyak 200 pohon.

Kemudian juga di SMKN 2 Negara di Bali sebanyak 144 pohon, SMK PPN Rea Timur Mamuju di Sulawesi Barat sebanyak 200 pohon, SMKN 1 Kelapa Sei Liat di Kepulauan Bangka Belitung sebanyak 170 pohon, SMK Babat Supat Sekayu di Sumatera Selatan sebanyak 300 pohon, dan Batalyon Infanteri Mekanis 203 Arya Kemuning sebanyak 711 pohon.

Sepanjang tahun 2022, FIFGROUP disebut akan melakukan penanaman 33 ribu pohon secara bertahap di 235 cabang seluruh Indonesia yang berada dalam jangkauan jaringan perusahaan.

Adapun rincian ialah pada bulan Februari dengan empat ribu pohon, Maret sebanyak 3.400 pohon, April dengan 3.300 pohon, Juni sebanyak 3.300 pohon, kemudian pada Juli 3.300 pohon.

Selanjutnya di bulan Agustus dengan 3.300 pohon, September 3.300 pohon, Oktober 3.300 pohon, dan di bulan November sebanyak 3.300 pohon.

“Ini dilakukan di daerah-daerah rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor,” sebut dia.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2022