Bengkulu (ANTARA News) - Wali Kota Bengkulu Ahmad Kanedi mendukung program Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) untuk menggelar rapat kerja nasional seksi wartawan olahraga (Rakernas Siwo), Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) dan Konperensi Kerja Nasional (Konkernas) pada 2012.

"Kami tentu sangat mendukung program untuk kemajuan organisasi PWI dan pembangunan Bengkulu ke depan," kata Kanedi ketika menerima unsur pengurus harian PWI Cabang Bengkulu, Ahad.

Dalam pertemuan itu Kanedi meminta Ketua PWI Cabang Bengkulu, Sukatno, agar agenda tersebut dapat digelar pada akhir Maret 2012, bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bengkulu yang dinilainya momentum paling tepat.

"Momentum itu saya kira paling tepat sehingga segala sesuatunya terutama dalam persiapan bisa diarahkan untuk menyesuaikan anggaran dan agenda setting pembangunan Kota Bengkulu yang kemungkinan bisa dibahas dalam rapat kerja nasional (Rakernas) PWI," katanya.

Didampingi Sekda Kota Bengkulu, H Rusli Zaiwin, dan Asisten I, Ali Arifin, Kanedi menjelaskan bahwa agenda PWI bisa dijadikan program bersama karena Pemkot Bengkulu juga akan menggelar pameran Heritage Internasional Bengkulu Expo yang bekerja sama dengan Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI).

Selain itu pada 18-24 Juli 2011 akan menggelar kegiatan "Merajut Nusantara" yang menghadirkan para istri pejabat negara yang dipimpin oleh Ibu Ani Susilo Bambang Yudhoyono.

Dalam kegiatan ini, ia mengemukakan, antara lain diperagakan menjahit bendera pusaka di persada Fatmawati Soekarno, Ibu Negara pertama RI.

Kanedi menjelaskan, Rakernas PWI juga sangat tepat dilaksanakan pada 2012 menyambut seabad Bangsa Indonesia sehingga akan menjadi bermakna bagi daerah Bengkulu, sekaligus memantapkan semangat kebangsaan para insan pers bagi Bangsa Indonesia.

Untuk menyukseskan agenda tersebut diharapkan PWI Cabang Bengkulu dan Pemkot mengadakan rapat rutin setidaknya sebulan sekali hingga menjelang pelaksanaan Rakernas, sebab banyak hal yang akan dibicarakan dan kesepakatan yang akan dipadukan.

Pemkot yakin kegiatan ini mampu mengangkat citra Kota Bengkulu secara nasional dan internasional jika para wartawan memberitakan dan mengulas pembangunan yang dilaksanakan serta promosi wisata alam dan peninggalan sejarah daerah itu.

Kota Bengkulu memiliki keindahan panorama alam bahari pantai panjang, peninggalan rumah Bung Karno ketika diasingkan Belanda, kediaman rumah Ibu Fatmawati, dan Benteng Malbrough peninggalan Inggris.

Menurut dia, semua ini menjadi ikon Bengkulu yang belum banyak terangkat secara internasional.

"Sebab itu saya yakin jika para wartawan dari seluruh Indonesia berkumpul nantinya di Bengkulu bisa melihat langsung dan menulisnya di media masing-masing," katanya.

Ketua PWI Cabang Bengkulu, Sukatno, menjelaskan bahwa sebenarnya PWI Bengkulu pada 2012 atau 2013 mengusulkan Bengkulu menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN). Namun, Jambi pada 2012 ditetapkan sebagai tuan rumah, dan Jawa Timur pada 2013 sekaligus pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas).

"Mudah-mudahan pada 2014 kalau PWI Bengkulu mendapat dukungan dari pemerintah daerah akan memperjuangkan menjadi tuan rumah HPN dan Porwanas. Saya yakin bisa, sebab Bengkulu telah memiliki fasilitas infrastruktur yang memadai seperti penginapan dan fasilitas olahraga," katanya.

PWI Bengkulu ditetapkan menjadi tuan rumah Rakernas SIWO pada 2012 di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada awal Juni 2011.

Rakernas SIWO di Bengkulu pada 2012 akan membahas dan menetapkan cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Porwanas Jawa Timur pada 2013, serta Konkernas untuk menentukan tuan rumah Kongres PWI dan agenda lainnya.
(T. I016/S019)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011