Jakarta (ANTARA News)- Hitam tetap menjadi warna yang paling dominan di jalanan, tetapi putih tampaknya akan menyalip dalam waktu dekat.

Berdasarkan beberapa data terakhir, ternyata permintaan terhadap mobil berwarna putih terus meningkat delapan kali lipat selama enam tahun terakhir. Terdapat beberapa alasan mengapa 'Putih' menjadi kian menarik dari pada warna gelap.

Warna gelap bisanya tidak mampu menyamarkan debu dan gampang tergores ketimbang mobil dengan warna putih yang punya kualitas lebih bagus, karena masih tergolong baru di pasaran.

Selain itu menurut jaringan retailer komponen mobil, Halfords, warna putih bisa berpengaruh pada efisiensi bahan bakar karena memantulkan sinar matahari sehingga mengurangi pemakaian AC.

Kecendrungan penggunaan warna putih juga didorong oleh apa yang dinamakan 'Apple effect', yakni daya tarik dari warna putih bersih produk-produk Apple seperti iPod atau iPad.

Para produsen mobil sendiri mengatakan mobil warna putih kini lebih menarik perhatian pasar terutama jika melihat lebih banyak kendaraan roda empat berwarna putih yang dipasang di berbagai dealer di dunia. (Ber)
Pewarta:
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011