Jakarta (ANTARA News) - Para hacker (peretas) komputer dilaporkan telah melumpuhkan kemampuan Al Qaeda untuk berkomunikasi melalui internet, ungkap seorang pakar terorisme seperti dilaporkan NBC yang dikutip oleh foxnews.

"Komunikasi online Al Qaeda sementara waktu berhasil dilumpuhkan, dan hal itu tak memiliki distribusi kepercayaan tunggal saluran yang tersedia di internet," Kata Evan Kohlmann, dari Flashpoint Global Partner,yang memantau kelompok komunikasi itu yang mengungkapkan pada jaringan itu.

Kohlmann mengatakan, serangan itu dilakukan dalam beberapa terakhir ini, dan telah dikordinasikan dengan baik dan melibatkan penggunaan sebuah senjata rahasia dari teknik mutakhir yang relatif.

Identitas dari para peretas itu belum diketahui.

"Saya menduga hal itu akan membuat mereka memerlukan setidaknya beberapa hari lebih, guna memperbaiki kerusakan itu dan mendapatkan jaringan mereka kembali pulih dan berfungsi lagi," tutur Kohlmann.

Tahun lalu, Al Qaeda menderita serangan retasan serupa, berdasarkan laporan surat kabar, mata-mata Inggris berhasil menyusup kedalam laman kelompok itu dan menggantikan perintah mengenai bagaimana mereka membuat bom dengan resep cupcakes.(*)
(yud)



Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011