Makassar (ANTARA) - Sulawesi Selatan menerima sebanyak 64.440 dosis vaksin COVID-19 jenis CoronaVac yang diperuntukkan khusus bagi anak berusia 6-11 tahun.

"Vaksin itu untuk Kabupaten Gowa dan Kota Parepare yang dikirim Minggu, 16 Januari 2022," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan Husni Thamrin di Makassar, Minggu.

Selain enam kabupaten yang dinilai telah memenuhi syarat untuk pelaksanaan vaksin anak di Sulsel, Pemerintah Pusat juga telah memperbolehkan seluruh daerah kabupaten/kota melakukan suntik vaksin.

Baca juga: Pemerintah beli 6 juta dosis vaksin Sinovac pastikan stok aman

"Semua kabupaten/kota sudah bisa vaksin anak termasuk Makassar, makanya giat vaksin anak juga sudah dimulai di Makassar kemarin," kata dia.

Husni mengatakan, meski vaksin Coronavac telah didistribusi namun rata-rata daerah di Sulsel telah menggunakan vaksin sinovac dalam mengawal pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Bersamaan dengan hal tersebut, Kementerian Kesehatan juga meminta agar seluruh daerah kabupaten/kota bahwa penggunaan vaksin jenis sinovac hanya untuk anak-anak usia 6-11 tahun.

Baca juga: Kepala BPOM tinjau vaksinasi dosis tiga untuk lansia di Yogyakarta

Selain itu, jenis sinovac juga hanya bisa diberikan bagi masyarakat yang hendak melakukan suntik vaksin ke dua, sehingga pemberian dosis pertama vaksinasi sinovac tidak diperbolehkan.

Saat ini, KPCPEN merilis data vaksinasi di Sulsel pada 15 Januari sebanyak 5.291.494 orang dari total target yakni 7.058.141 orang atau capaian vaksinasi Sulsel yakni 74,97 persen.

Baca juga: Penerima vaksin COVID-19 dosis kedua capai 118,9 juta orang

"Vaksinasi dosis 2 kita baru di angka 45,16 persen atau 3.187.121 orang. Semoga Februari nanti kita bisa capai target 100 persen vaksinasi dosis 1 di Sulsel," kata Husny.

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022