Jakarta (ANTARA) - Toyota Gazoo Racing (TGR) menampilkan secara perdana GRMN Yaris dalam ajang Tokyo Auto Salon yang dihelat 14-16 Januari di Makuhari Messe, Chiba, Jepang.

Dikutip laman resmi, Minggu, GRMN Yaris adalah model GR Yaris yang telah mengalami penyempurnaan.

Sejak diluncurkan pada September 2020, GR Yaris telah terlibat dalam berbagai ajang motorsport, seperti Super Taikyu Series dan Kejuaraan Reli Jepang

Perkembangan GRMN Yaris berawal dari keinginan Morizo ​​untuk menghadirkan mobil yang berkembang pesat dan dapat disesuaikan dengan individu di bidang olahraga motorsport.

Baca juga: Tampilan Toyota Noah dan Voxy generasi terbaru

Morizo merupakan nama samaran Presiden Toyota Motor Corporation Akio Toyoda di arena balap.

Kekakuan bodi dari GRMN Yaris telah ditingkatkan dibanding GR Yaris. Selain itu, bobot mobil telah berkurang sekitar 20 kg melalui penggunaan karbon ringan dengan kekakuan tinggi untuk kap mesin, atap, dan spoiler belakang, serta melepas jok belakang untuk menjadikannya mobil dua orang.

Lebar keseluruhan GRMN Yaris telah ditingkatkan 10 mm untuk peningkatan aerodinamis, dan tinggi kendaraan telah dikurangi 10 mm untuk pusat gravitasi yang lebih rendah.

Mobil tersebut juga menggunakan LSD mekanis, transmisi gigi rasio dekat, dan set gigi akhir rendah yang telah ditingkatkan untuk ajang motorsport.

Serupa dengan GR Yaris, GRMN Yaris menggunakan mesin tiga silinder turbocharged dengan output 272 hp dan torsi 390 Nm.

Selain model standar, GRMN Yaris juga tersedia dalam dua pilihan paket, yakni Circuit Package dan Rally Package.

GRMN Yaris Circuit Package yang hanya dijual 50 unit dan dikhususkan untuk performa jalan raya, hadir dengan velg BBS GRMN 18 inci, rem 18 inci, shock absorber Bilstein dengan redaman yang dapat disesuaikan, spoiler belakang karbon, side skirt, spoiler lip, dan warna khusus Matte Steel.

Sedangkan GRMN Yaris Rally Package mendapatkan tambahan GR shock absorber dan short stabilizer link set, GR under guard set, dan GR roll bar dengan side bar.

GRMN Yaris model standar dijual 7.317.000 Yen (Rp917 juta), sedangkan GRMN Yaris Circuit Package dibanderol 8.467.000 Yen (Rp1,06 miliar). Adapun GRMN Yaris Rally Package ditawarkan dengan harga 8.378.764 Yen (Rp1,05 miliar).

Penjualan Toyota GRMN Yaris dibatasi sebanyak 500 unit. Pemesanan dilakukan dengan sistem lotre di situs web TGR. GRMN Yaris akan dijual di GR Garages secara nasional di Jepang sekitar musim panas 2022.

Baca juga: Daftar 10 mobil terlaris 2021, Avanza dan Xpander teratas

Baca juga: Toyota bidik penjualan 300 unit LC300 dan 22 ribu unit New Fortuner

Baca juga: Spesifikasi, harga dan fitur All New Fortuner mesin baru 1GD 2.800cc
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022