Jakarta (ANTARA) - Honda Prospect Motor (HPM) berkeyakinan bahwa pasar otomotif di Semarang, Jawa Tengah akan terus bergairah, karena pada tahun 2021 HPM berhasil mencatatkan penjualan sekitar 11.000 unit.

Jika dibandingkan dengan 2020, penjualan Honda hanya mencapai 9000an unit saja dan 11.000 unit di 2021 menyumbangkan angka kenaikan sekitar 20 persen. Untuk modelnya, Honda Brio Satya yang mendominasi penjualan di Semarang.

"Model yang mendominasi tetap Brio Satya sekitar 45 persen, kalau Brio RS sekiar 12 persen. Jadi hampir masuk 55 persenan," ungkap Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy, pada saat media Test Drive Jakarta-Solo, Rabu (12/01).

Baca juga: Penjualan Honda Odyssey dihentikan di Indonesia

Untuk pemesanan All New Honda BR-V di Semarang mencapai 260 unit, penyerahan unit yang barau saja dilaksanakan beberapa waktu yang lalu ini mencapai 25 unit saja.

"Kalau penerimaan BR-V baru, SPK kita sampai saat ini sudah 260 unit dari awal launching. Kita baru delivery (ke konsumen) 25 unit," kata dia.

Sebagai informasi tambahan, Honda BR-V pertama kali diperkenalkan di dunia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, di Tangerang, 20 Agustus 2015. Setelah itu, generasi kedua dari Honda BR-V diperkenalkan secara perdana pada 21 September 2021 lalu.

Generasi kedua Honda BR-V ini hadir dengan tampilan baru yang benar-benar berbeda dari model sebelumnya, dan berbagai teknologi canggih yang bukan hanya belum ada di generasi terdahulunya, tetapi juga menjadi yang pertama di antara semua model di kelasnya.

Seperti konsep pengembangan awalnya, All New Honda BR-V dirancang untuk memadukan desain dan ketangguhan dari sebuah SUV, kenyamanan kabin dan fungsionalitas dari sebuah MPV, serta performa berkendara menyenangkan dan efisiensi bahan bakar yang menjadi ciri khas mobil Honda.

Sementara berbagai fitur dan teknologi yang pertama kali hadir pada All New Honda BR-V, di antaranya fitur keselamatan canggih Honda SENSINGTM, Honda LaneWatchTM, Remote Engine Start, Walk-Away Auto Lock, dan Smart Entry System yang telah dikembangkan untuk menciptakan sebuah definisi baru dalam pengalaman berkendara untuk sebuah LSUV 7-seater di kelasnya.

Hingga saat ini, Honda BR-V terus diterima dengan baik oleh pelanggan di Jawa Tengah & Yogyakarta dengan total penjualan ritel 7.554 unit.

Secara global, Honda BR-V telah terjual lebih dari 255.000 unit dan Indonesia merupakan negara tertinggi dalam kontribusi penjualannya sebanyak 30 persen. Honda BR-V juga diterima dengan baik oleh pelanggan di Indonesia dan telah mendapatkan 12 penghargaan bergengsi.

Baca juga: PPnBM tak kunjung pasti, pemesanan mobil Honda turun 50 persen

Baca juga: ENEOS dukung tim Hoda Racing Indonesia di ISSOM Slalom sepanjang 2021

Baca juga: Krisis semikonduktor hambat produksi Honda
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022