Kasus COVID-19 di kalangan anak-anak di AS "meningkat secara eksponensial," jauh melampaui puncak gelombang-gelombang pandemi sebelumnya, ungkap sebuah laporan.
Jakarta (ANTARA) - Hampir 8,5 juta anak di Amerika Serikat (AS) telah teruji positif COVID-19 sejak awal pandemi dan kasusnya "meningkat secara eksponensial," demikian menurut laporan terbaru dari Akademi Pediatri Amerika (APP) dan Asosiasi Rumah Sakit Anak.

Sebanyak 8.471.003 kasus COVID-19 pada anak telah dilaporkan di seluruh negara tersebut hingga 6 Januari, dan anak-anak mewakili 17,4 persen dari seluruh kasus terkonfirmasi, ungkap laporan yang dipublikasikan pada Senin (10/1) malam waktu setempat itu.

Tingkat keseluruhannya mencapai 11.255 kasus per 100.000 anak dalam populasi. 

Kasus COVID-19 di kalangan anak-anak di AS "meningkat secara eksponensial," jauh melampaui puncak gelombang-gelombang pandemi sebelumnya, sebut laporan itu.

Untuk pekan yang berakhir pada 6 Januari, lebih dari 580.000 kasus COVID-19 pada anak dilaporkan, meningkat 78 persen dari pekan sebelumnya, dan hampir tiga kali lipat dari jumlah kasus dua pekan sebelumnya, kata AAP.

Ini menandai pekan ke-22 berturut-turut saat kasus COVID-19 pada anak di AS tercatat di atas angka 100.000. Sejak pekan pertama September, terdapat tambahan lebih dari 3,4 juta kasus pada anak, lanjut AAP.

Anak-anak menyumbang 1,7 persen hingga 4,3 persen dari total rawat inap yang dilaporkan, dan 0 hingga 0,27 persen dari seluruh kematian akibat COVID-19, papar laporan itu.

"Ada kebutuhan mendesak untuk mengumpulkan lebih banyak data yang spesifik usia guna menilai tingkat keparahan penyakit yang terkait dengan varian baru dan potensi efek jangka panjang," imbuh AAP dalam laporan tersebut.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2022