Kami mengharapkan dana pengembalian pembayaran pajak bisa digunakan untuk membantu biaya promosi wisata itu, sehingga melalui promosi destinasi wisata dapat menarik minat wisatawan mancanegara berkunjung ke DIY.
Yogyakata, 18/6 (ANTARA) - Promosi destinasi wisata Daerah Istimewa Yogyakarta perlu ditingkatkan apabila ingin mengembalikan masa kejayaan pariwisata daerah ini yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara, kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia provinsi ini, Istidjab Danunegoro.

"Dahulu pada 1995 jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke daerah ini bisa mencapai 350.000 orang, dan kondisi tersebut yang ingin dikembalikan oleh para pemangku kepentingan pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)," katanya, di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, untuk mengembalikan jumlah kunjungan wisman sebanyak itu perlu partisipasi semua pihak, terutama pemerintah kabupaten/kota di DIY, dengan mendukung promosi wisata ke luar negeri maupun dalam negeri.

"Kami mengharapkan dana pengembalian pembayaran pajak bisa digunakan untuk membantu biaya promosi wisata itu, sehingga melalui promosi destinasi wisata dapat menarik minat wisatawan mancanegara berkunjung ke DIY," katanya.

Ia mengatakan tanpa adanya promosi destinasi wisata yang terus ditingkatkan, rasanya berat untuk mendatangkan wisman dalam jumlah banyak ke daerah ini.

"Oleh karena itu, pemerintah kabupaten dan pemerintah kota di DIY hendaknya memberikan kontribusinya dalam promosi destinasi wisata, karena dengan promosi seperti itu diharapkan wisatawan yang datang jumlahnya akan lebih banyak lagi," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata DIY Tazbir mengatakan pihaknya menargetkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke provinsi ini selama 2011 sebanyak 1,8 juta orang.

Dari jumlah wisatawan yang ditargetkan sebanyak itu, kata dia di antaranya 1,6 juta wisatawan nusantara, dan 200.000 wisatawan mancanegara.

Pada 2010 target jumlah wisatawan yang mengunjungi DIY sebanyak 1,4 juta orang untuk wisatawan nusantara, dan 170.000 wisatawan mancanegara.

"Untuk merealisasikan target tersebut, Dinas Pariwisata DIY telah menyiapkan berbagai kegiatan untuk menarik minat wisatawan mengunjungi daerah ini," kata Tazbir.

(U.H008/B/M008/M008) (ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011