Bangkalan (ANTARA News) - Sedikitnya 102 kabupaten di Indonesia masih dalam kategori daerah tertinggal, kata Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faishal Zaini di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Jumat.

"Lima diantaranya masuk di Provinsi Jawa Timur (Jatim) meliputi Situbondo, Bondowoso, Bangkalan, Sampang dan Pamekasan," terang Helmy usai ziarah di makam Sunan Cendana (Syeih Zainal Abidin) di Desa Ketetang, Kecamatan Kwanyar, Bangkalan.

Helmy menjelaskan, pihaknya menargetkan dua daerah yang tertinggal di Madura pada beberapa tahun kedepan, statusnya tidak tertinggal lagi. Kedua daerah tersebut Kabupaten Bangkalan dan Pamekasan.

"Kami menargetkan Bangkalan dan Pamekasan akan tidak akan masuk lagi daerah tertinggal setelah beberapa tahun kedepan," ucapnya.

Ia juga menjelaskan, sebanyak 70 persen dari 102 daerah tertinggal di Indonesia, merupakan kawasan Indonesia timur. Tujuannya datang ke Bangkalan kali ini untuk mengetahui beberapa program yang telah dicanangkan sebelumnya.

"Misal, penyediaan air bersih. Disamping itu, kami kesini juga merupakan hasil koordinasi dengan beberapa menteri yang lain dengan tujuan percepatan pembangunan di Madura, pascaoperasional jembatan Suramadu ini," ucapnya.

Menurut Helmy, permasalahan yang dihadapi daerah tertinggal yakni keterbatasan sumber daya manusia (SDM), pendidikan, kesehatan dan pengembangna ekonomi. Salah satu upaya untuk memajukan daerah tertinggal dengan cara memanfaatkan lahan tidur.

"Selama ini permasalahannya adalah krisis air. Jangan gara-gara satu masalah menjadi kendala pada yang lainnya, tapi itu harus dicarikan solusi. Ini merupakan tantangan kita bersama kedepan," paparnya.

Selain ziarah ke makam Sunan Cendana, Menteri PDT juga menghadiri wisuda dan peresmian pengembangan lembaga pendidikan di yayasan Sunan Cendana itu.

(ANTARA/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011