Jakarta (ANTARA News) - Microsoft Indonesia melakukan kerja sama korporasi dengan Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan dan Barat (BPD Sulselbar) untuk mengembangkan sistem dan solusi Teknologi Informasi (TI) BPD SulselbarBar selama tiga tahun ke depan.

Presiden Direktur PT Microsoft Indonesia, Sutanto Hartono, di Jakarta, Kamis, mengatakan, kerja sama ini merupakan bukti komitmen Microsoft untuk mendukung pertumbuhan bank lokal agar dapat menunjukkan performa sekelas bank nasional, dengan cara meningkatkan daya saing usaha melalui Teknologi Informasi.

"Kerja sama ini memungkinkan BPD Sulselbar untuk memiliki fondasi sistem TI terpadu untuk mendukung peningkatkan pelayanan maupun produktifitas kerja lewat automasi proses bisnis," ujar dia usai pengumuman kerja sama yang bertajuk "Bank Sulselbar Manfaatkan Potensi Teknologi Informasi Microsoft untuk Membidik Regional Champion".

Ia menambahkan, melalui pembenahan sistem TI yang terpadu ini, BPD Sulselbar dapat membangun kepercayaan investor dengan meningkatkan tingkat kesehatan bank melalui sistem TI yang mendukung transparansi dan audit siaga, menjamin security and privacy data user di seluruh jaringan Bank sesuai dengan regulasi perbankan, melakukan komunikasi dan kolaborasi user yang komprehensif dan hemat biaya yang meningkatkan kualitas pelayanan nasabah.

"BPD Sulselbar kini juga mempunyai sistem pengambilan keputusan Business Intelligence dan Sistem Pelaporan terintegrasi untuk mendukung pertumbuhan bisnis, loyalitas dan profitabilitas nasabah. Bahkan lewat inovasi TI, BPD Sulselbar memiliki kesempatan untuk memperoleh sumber penjualan baru dan melakukan berbagai penghematan biaya di berbagai unit bisnis lewat pemanfaatan TI," katanya.

Direktur Utama BPD Sulselbar, Ellong Tjandra menambahkan, dengan kerja sama ini Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan dan Barat bertekad menjadi Regional Champion.

"Kami bertekad untuk mempercepat pertumbuhan dan mengembangkan performanya agar dapat beroperasi dengan kualitas yang setara dengan bank nasional, bahkan bank dunia, menjadi tuan rumah di daerah sendiri serta menjadi Regional Champion di antara Bank-Bank Pembangunan Daerah lainnya," kata dia.

Ia mengatakan, reposisi peran dan fungsi Teknologi Informasi menjadi kunci pencapaian visi BPD Sulselbar. Pembenahan serta reposisi peran dan fungsi TI dalam organisasi akan memastikan pertumbuhan, perkembangan dan kemajuan performa bank.

Sementara PT ASABA Computer Centre Indonesia sebagai mitra Microsoft Indonesia dalam mengimplementasikan teknologi TI di tubuh organisasi BPD Sulselbar melalui Direktur Penjualannya, Andryanto mengatakan, ASABA dan Microsoft membawa pengalaman yang sangat baik selama lebih dari 20 tahun dalam hal implementasi teknologi di berbagai korporasi dan bank kelas dunia, kepada BPD Sulselbar.

"Kami berkomitmen membantu BPD Sulselbar untuk mentransformasikan investasi mereka dalam sistem informasi yang kompleks menjadi hasil bisnis yang nyata," katanya.(*)
(T.KR-ZMF/A023)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011