Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi Qualcomm Corp mengumumkan kesepakatan untuk memasok chip ke produsen mobil Volvo Group, Honda Motor Co Ltd dan Renault SA.

Dikutip dari Reuters pada Rabu, upaya ini adalah percepatan dorongan perusahaan untuk bermitra dengan perusahaan otomotif untuk digitalisasi lini produk mereka.

Perusahaan yang berbasis di San Diego, California, yang pernah dikenal dengan chip ponselnya, telah menciptakan berbagai penawaran otomotif, mulai dari "otak" mobil yang dapat mengemudi sendiri hingga chip yang mengoperasikan dasbor digital dan sistem infotainment.

Baca juga: Qualcomm dan SSW Partners sepakat beli Veoneer Rp64,1 triliun

Namun, semua chip tersebut ditujukan untuk tujuan yang sama yaitu membantu para pembuat mobil mengubah kendaraan mereka menjadi komputer bergulir yang dapat diperbarui dengan peningkatan berbayar, model bisnis yang dipelopori oleh Tesla Inc.

Pada Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, Qualcomm mengatakan telah mencapai kesepakatan dengan merek Volvo dan Polestar yang didukung Geely Holding untuk menggunakan chip "Snapdragon Cockpit" Qualcomm dan sistem operasi dari Google Alphabet Inc di kendaraan mulai akhir tahun ini.

Kesepakatan itu akan memungkinkan SUV listrik Volvo, yang akan mulai diproduksi tahun ini, untuk memanfaatkan penggunaan Asisten Google secara handsfree dan navigasi dengan Google Maps. Perusahaan mengatakan bahwa upgrade di masa depan akan dikirim melalui udara.

Qualcomm juga mengatakan bahwa Honda akan mulai menggunakan chip "kokpit" di kendaraan yang akan diluncurkan pada tahun 2023.

Qualcomm pun mengatakan Renault telah setuju untuk menggunakan teknologi otomotifnya, tetapi tidak memberikan secara spesifik chip mana atau kapan kendaraan yang menggunakannya akan tiba.

Qualcomm mengatakan pada hari Selasa (4/1) waktu setempat bahwa mereka telah menciptakan chip dan sistem baru untuk visi komputer, yang menggunakan kamera pada mobil dan kecerdasan buatan untuk membantu fungsi keselamatan seperti kontrol jalur otomatis.

"Snapdragon Ride Vision System" yang baru menggunakan perangkat lunak dari Arriver, yang merupakan bagian dari pembelian perusahaan teknologi otomotif Veoneer Inc oleh Qualcomm senilai 4,5 miliar dolar AS tahun lalu.

Baca juga: Sambut metaverse, Qualcomm & Microsoft siapkan chip kacamata AR

Baca juga: Apple siapkan tim desain untuk chip terbaru

Baca juga: Xiaomi 12 dikonfirmasi akan ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 1
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022