Untuk kasus Omicron belum terdeteksi di Lampung sampai saat ini tapi kita harus meningkatkan kewaspadaan
Bandarlampung (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menyebutkan belum terdeteksi adanya persebaran COVID-19 varian Omicron di daerah itu.

"Untuk kasus Omicron belum terdeteksi di Lampung sampai saat ini tapi kita harus meningkatkan kewaspadaan," ujar Fahrizal Darminto di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan meski COVID-19 varian baru Omicron sudah menjangkit di beberapa daerah, masyarakat diminta untuk tidak panik dan tetap taat menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Polda Lampung mendukung pemberlakuan PPKM mikro

"Sebetulnya kembali lagi pada rumusan awal yakni tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat," katanya.

Menurutnya, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat oleh masyarakat, dapat menjaga kondisi dan situasi dimana persebaran COVID-19 bisa dikendalikan.

"Kalau kita bisa lakukan ini maka bisa selamat dari paparan Omicron, selain masyarakat upaya pencegahan juga akan dilakukan oleh pemerintah," ucapnya.

Baca juga: Dishub Lampung perketat pengawasan simpul transportasi cegah Omicron

Dia melanjutkan, upaya pencegahan ini akan dilakukan dengan memperketat pintu masuk dan simpul transportasi.

"Akan memperketat kembali pintu masuk bandara, pelabuhan, lalu untuk perbatasan di Waykanan, Mesuji dijaga juga. Pintu masuk itu akan terus kita monitor kalau ada indikasi persebaran akan dilakukan intervensi," ujarnya.

Baca juga: Kemkes: Jakarta berprobabilitas tertinggi transmisi lokal Omicron

Ia menjelaskan pelaksanaan penguatan testing, tracing, treatment dan isolasi untuk mencegah persebaran COVID-19 juga akan dilakukan.

"Tracing, treatment, testing akan diperkuat. Kalau ada yang terindikasi tentu isolasi akan dilakukan agar tidak ada persebaran kasus. Intinya semua disiplin dan pemerintah terus berusaha melakukan tugasnya jadi persebaran Omicron ini bisa ditanggulangi," katanya lagi.

Baca juga: Kasus Omicron di Indonesia sudah 152 orang

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022