Jakarta (ANTARA) - Berikut ini adalah kabar terbaru terkait pandemi COVID-19 dari berbagai belahan dunia.

Asia-Pasifik

* China menutup pekan terakhir 2021 dengan angka kasus mingguan COVID-19 tertinggi sejak berhasil mengatasi wabah pertama hampir dua tahun lalu.

* Rencana China untuk mencegah wabah COVID-19 selama gelaran Olimpiade musim dingin --dengan mengisolasi semua peserta di dalam "lingkaran tertutup"-- akan diuji oleh kemunculan varian Omicron yang sangat menular.

* Australia mengatakan dampak yang lebih ringan dari varian Omicron membuat negara itu dapat melanjutkan rencana pembukaan kembali ekonomi meski infeksi mencapai rekor dengan lebih dari 37.000 kasus baru dan angka rawat inap meningkat.

Timur Tengah dan Afrika

* Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mengatakan pada Minggu negaranya akan menawarkan dosis keempat vaksin COVID-19 kepada warga berusia di atas 60 tahun dan petugas medis.

* Kedutaan besar Kuwait meminta warga negaranya untuk meninggalkan Inggris karena kasus Omicron di sana meningkat secara "signifikan dan belum pernah terjadi sebelumnya".

Baca juga: Israel akan berikan vaksin ke-4 COVID-19

Amerika

* Lebih dari 4.000 penerbangan dibatalkan di seluruh dunia pada Minggu (2/1), dan lebih dari setengahnya adalah penerbangan AS. Kondisi itu mengganggu perjalanan di pekan liburan akibat cuaca buruk dan meningkatnya kasus COVID yang dipicu Omicron.

* Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan dirinya positif terinfeksi COVID-19 pada Minggu yang disertai gejala ringan. Dia akan menghadiri rapat-rapat secara virtual.

* Badan kesehatan Brazil Anvisa memperingatkan para penumpang untuk tidak menaiki kapal pesiar yang beroperasi di perairan Brazil setelah muncul wabah COVID-19 di kalangan anak buah kapal dan penumpang.

Eropa

* Pemerintah Inggris telah meminta pengelola sektor publik untuk menguji rencana cadangan mereka terhadap skenario terburuk berkurangnya staf sebanyak 25 persen, sebagai bagian dari upaya meminimalkan gangguan akibat lonjakan kasus.

* Murid-murid sekolah menengah pertama di Inggris akan diminta untuk memakai masker saat kembali bersekolah pekan depan usai liburan Natal, kata Menteri Pendidikan Nadhim Zahawi, Minggu.

Baca juga: Menkes Inggris: Pembatasan baru COVID-19 upaya terakhir

* Omicron dapat meringankan tekanan pada sistem kesehatan Jerman jika varian itu hanya menyebabkan penyakit ringan, kata kepala asosiasi dokter rumah sakit senior di negara itu.

* Penyerang Paris St Germain Lionel Messi dan tiga pemain lainnya positif terkena COVID-19, kata klub Liga 1 Prancis itu pada Minggu.

* Bulgaria mendeteksi 12 kasus pertama varian Omicron.

* Operator kapal pesiar Jerman yang tertahan di pelabuhan Lisabon akibat wabah virus corona di kalangan kru menghentikan pelayaran pada Minggu.

Baca juga: Messi dan tiga pemain PSG lainnya positif COVID-19

Perkembangan Medis

* Vaksin COVID-19 dua-dosis Sinovac yang diikuti suntikan booster vaksin Pfizer-BioNTech menunjukkan respons kekebalan yang lebih rendah terhadap varian Omicron dibandingkan varian-varian lain, menurut sebuah penelitian.

* Novavax Inc pada Februari akan menyampaikan permohonan kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan AS untuk mengizinkan vaksin COVID-19 buatannya.

Sumber: Reuters

​​​​​

Wisatawan di Bali terpapar Omicron, Satgas lakukan penelusuran

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022