Jakarta (ANTARA) - Pihak Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondok Labu 01, Cilandak, Jakarta Selatan, memberlakukan aturan pulang sekolah secara bertahap bagi para siswa-siswi saat Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen.

Muhammad Nasir selaku Pelayanan Bidang Humas SD Negeri Pondok Labu 01 di Jakarta Selatan, Senin mengatakan, pemberlakuan aturan itu diambil untuk mencegah terjadinya kerumunan siswa saat PTM usai.

“Kepulangan itu kita atur sedemikian agar anak tidak ada kerumunan (saat jam pulang sekolah pukul 10.45),” ujar Nasir.

Dia mengatakan, pihak sekolah membagi jarak waktu keluar dari ruangan kelas hingga 10 menit bagi setiap kelas saat PTM selesai.

Adapun pada pelaksanaannya, kelas yang lebih rendah akan diutamakan terlebih dahulu keluar kelas dan diikuti oleh kelas yang lebih tinggi.

“Misalnya kelas I duluan. Nanti ada jedanya 5-10 menit agar tidak terjadi penumpukan anak-anak,” kata dia.

Baca juga: Sekolah ditutup lima hari jika ada siswa terpapar COVID-19 saat PTM
Baca juga: 203 sekolah negeri di Jakbar gelar PTM dengan kapasitas 100 persen


Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerapkan PTM terbatas mulai Senin 3 Januari 2022, dengan peserta didik dapat 100 persen, sesuai dengan kalender pendidikan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana melalui keterangannya di Jakarta, Minggu (2/1) mengatakan, relaksasi kebijakan tersebut diterapkan dengan pertimbangan terkendalinya pandemi COVID-19 di Jakarta pada PPKM Level 1.

PPKM Level 1 dilaksanakan dengan ketentuan, mulai dari capaian vaksinasi dosis dua pada pendidik dan tenaga kependidikan di atas 80 persen, capaian vaksinasi dosis dua pada lansia di atas 50 persen serta vaksinasi pada peserta didik yang terus berlangsung sesuai aturan di tingkat kota/kabupaten.

PTM terbatas dilaksanakan setiap hari. Jumlah peserta didik dapat 100 persen dari kapasitas ruang kelas dan waktu belajar hingga enam jam pelajaran per hari.

"Protokol kesehatan harus menjadi perhatian utama bagi seluruh warga sekolah," tutur Nahdiana.
Baca juga: SMP Bina Insan Mandiri jalani PTM 100 persen dengan prokes ketat
Baca juga: Kasudin Pendidikan inspeksi ke sekolah saat PTM mulai 100 persen


Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022