Jakarta (ANTARA) - Tesla Model 3 dilaporkan menjadi kendaraan listrik (EV) terlaris di Eropa untuk tahun 2021, menurut laporan dikutip dari Carscoops, Sabtu.

Data dari Jato Dynamics mengungkapkan bahwa total 113.397 Model 3 telah terjual hingga akhir November di Eropa pada tahun 2021.

Ini mewakili 84 persen melonjak lebih dari tahun lalu dan menempatkan Model 3 di atas ID VW.3, di mana 63.109 unit dijual dalam 11 bulan pertama tahun ini, atau terjadi peningkatan 125 persen lebih dari tahun 2020.

Model 3 telah terbukti sangat populer di Eropa tahun ini bahwa pada bulan September. Menariknya, penjualan Model 3 dapat disusul oleh Model Y yang berhasil mengungguli VW ID.3 dan ID.4 pada bulan November.

Tesla kemungkinan akan menyelesaikan tahun dengan pangsa pasar secara keseluruhan sebesar 2 persen di Eropa Barat, lebih dari dua kali lipat 2020 pangsa 0,9 persen dan menempatkannya di atas Jaguar Land Rover.

Sementara itu, penulis European Electric Car Report, Matthias Schmidt, menunjukkan bahwa bagian dari penjualan EV di Eropa Barat akan mencapai 11 persen tahun ini, sebagian faktor dikarenakan kekurangan chip semikonduktor.

Schmidt menambahkan bahwa Tesla kemungkinan akan mengakhiri tahun dengan 170 ribu total penjualan di Eropa.

Pembuat mobil paling produktif Eropa untuk tahun 2021 adalah Volkswagen Group dengan targetnya untuk membuat sekitar 300 ribu EV di Eropa tahun 2021 melalui merek VW, Audi, Skoda, Porsche, dan Cupra.

Stelllantis diperkirakan akan membawa pulang posisi ketiga sementara Renault-Nissan akan berada di urutan keempat. Di sisi lain, Spring Dacia juga terbukti sangat populer di bulan November.


Baca juga: China pangkas 30 persen subsidi mobil listrik

Baca juga: PLN-Mall Gaia kolaborasi bangun SPKLU pertama di Kalimantan Barat

Baca juga: Honda dan Acura bangun kendaraan listrik bareng arsitek GM

 
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022