Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Malang Kota menyatakan bahwa menjelang perayaan tahun baru 2022, jumlah kendaraan bermotor yang memasuki wilayah Kota Malang, Jawa Timur, mulai mengalami peningkatan.

Kasat Lantas Polresta Malang Kota AKP Yoppi Anggi Khrisna di Kota Malang, Kamis, mengatakan bahwa kenaikan jumlah kendaraan bermotor yang memasuki kota terbesar kedua di Jawa Timur itu jelang perayaan tahun baru tercatat naik berkisar 30-40 persen.

"Untuk volume kendaraan meningkat berkisar 30-40 persen. Dengan kenaikan tersebut, kami memberikan prioritas terhadap arus yang mengalami kemacetan atau ramai," kata Yoppi.

Yoppi menjelaskan dengan adanya peningkatan volume kendaraan tersebut Polresta Malang Kota melakukan sejumlah langkah antisipasi untuk mengurai simpul-simpul kemacetan yang terjadi akibat kenaikan mobilitas masyarakat tersebut.

Satlantas Polresta Malang Kota telah menyiagakan sejumlah personel pada pos-pos pantau dan beberapa titik yang berpotensi terjadi kemacetan di jalur utama menuju wilayah Kota Malang. Selain itu, juga melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

Baca juga: Pemkot Malang antisipasi kerumunan saat perayaan Tahun Baru

"Nanti akan kami arahkan, untuk yang masuk wilayah Kota Malang di Jalan Raden Intan atau di bawah fly over Arjosari, akan diarahkan ke kiri. Jadi tidak langsung mengarah ke pusat kota, untuk menghindari kemacetan," katanya.

Ia menambahkan kenaikan jumlah volume kendaraan yang keluar mulai terlihat dari pintu keluar tol Singosari. Namun, arus lalu lintas tersebut terpecah menjadi dua bagian yakni menuju wilayah Kota Batu dan Kota Malang.

"Untuk tol Karanglo (Singosari) memang ada kenaikan sekitar 30-40 persen juga, itu nanti dibagi ke arah Kota Batu dan arah Kota Malang," ujarnya.

Berdasarkan catatan Dinas Perhubungan Kota Malang, dalam kondisi normal jumlah kendaraan bermotor yang memasuki wilayah Kota Malang berkisar antara 15 ribu-16 ribu kendaraan per hari.

Baca juga: Polres Malang tingkatkan pengawasan di kawasan wisata

Dishub Kota Malang bersama Polresta Malang Kota juga telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas untuk mengurai arus lalu lintas jika terjadi kepadatan menjelang perayaan pergantian tahun pada sejumlah titik yang ada di pusat kota.

Ada sejumlah skema yang disiapkan untuk mengurai kemacetan pada sejumlah titik yang memiliki potensi terjadinya kepadatan arus kendaraan. Ada dua titik yang sudah dilakukan simulasi pengalihan arus yakni di sekitar Gereja Kayutangan dan simpang tiga Kayutangan.

Jika menjelang malam pergantian tahun terjadi kepadatan di depan Gereja Kayutangan, maka arus lalu lintas dari Jalan Aries Munandar menuju Jalan Mojopahit, akan dialihkan melalui Jalan MGR Sugiyopranoto mengarah ke Jalan Merdeka Timur.

Kemudian, jika pada simpang tiga Kayutangan terjadi kepadatan, maka arus lalu lintas dari arah utara akan dibelokkan ke Jalan WR Supratman pada simpang empat Kaliurang. Pengalihan arus tersebut dilakukan agar arus lalu lintas tetap bergerak meski jarak tempuh lebih panjang.

Baca juga: Pertamina siagakan dua titik SPBU modular di tol Pandaan-Malang

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021