Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengajak seluruh pendukung tim nasional sepak bola Indonesia untuk memberikan dukungan pada Final Piala AFF 2021 dari rumah masing-masing.

"Malam ini tentunya adalah malam penentuan bagi tim Garuda di final Piala AFF 2021, melawan Thailand. Tentunya seluruh masyarakat Indonesia akan mendukung perjuangan tim dengan hashtag #garudakita untuk memenangkan piala ini," kata Siti Nadia Tarmizi dalam Konferensi Pers "Kenali Omicron dan Cara Mencegahnya" yang diikuti dari YouTube FMB9 di Jakarta, Rabu sore.

Nadia meminta kerja sama dan dukungan semua pihak untuk tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penularan COVID-19.

"Mari kita dukung tim Garuda kita dari rumah masing-masing, hindari kerumunan dan tetap terapkan protokol kesehatan. Mari kita nobar hanya bersama keluarga terdekat," katanya.

Baca juga: Warga DKI diingatkan soal Omicron sebelum rayakan Tahun Baru

Terhadap penyelenggara nobar, Nadia mengimbau untuk memastikan tidak ada satu pun peserta yang datang membawa virus Corona dengan memaksimalkan pemanfaatan aplikasi PeduliLindungi.

Nadia melaporkan saat ini terdapat penambahan kasus konfirmasi Omicron sebanyak 21 kasus yang merupakan pelaku perjalanan luar negeri dengan 16 orang berstatus WNI dan lima orang WNA. Sehingga total kasus Omicron per tanggal 29 Desember 2021 sebanyak 68 orang.

"Adapun asal dari para pelaku perjalanan luar negeri ini adalah sebagian besar dari PMI Arab Saudi dan juga dari negara Turki, United Emirates Arab dan negara-negara lainnya," katanya.

Kemenkes juga mendeteksi sembilan kasus bergejala ringan dan 12 lainnya tidak memiliki gejala. "Saat ini kasus Omicron yang terkonfirmasi positif sebanyak lima orang dirawat di Rumah Sakit Sulianti Saroso dan 16 orang lainnya berada di RSDC Wisma Atlet," katanya.

Baca juga: Kapolri: Pengendalian COVID-19 masa libur Tahun Baru 2022 dioptimalkan
Baca juga: Kemenkes: Kasus Omicron Indonesia bertambah 21 pasien

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021