Kendari (ANTARA) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) memberikan penghargaan kepada seorang wanita asal Toli-Toli, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara bernama Ulfiah, karena dinilai memberi inspiratif.

Ulfiah yang saat ini menjadi salah satu anggota DPRD Kabupaten Konawe di Kendari, Rabu, mengatakan penghargaan Perempuan Inspiratif Ibu Bumi bersama dari Hiapolo Filantropi Indonesia diberikan pada acara Inspiration Women Award’s. “Saya saat ini didaulat sebagai Pembina Yayasan Anak Pantai Sejahtera dan Koperasi di Sulawesi Tenggara. Yayasan ini telah berdiri cukup lama dan saya tidak pernah berpikir jika saya diberi penghargaan oleh Kementerian,” katanya.

Baca juga: Kisah kurir perempuan dan semangat kejar aspirasi

Ia mengaku dirinya bisa mendapatkan penghargaan itu karena tidak terlepas dari dukungan masyarakat pesisir di Sulawesi Tenggara, tempat ia dilahirkan, sehingga berkewajiban mendukung daerah itu. Ulfiah diberi penghargaan pada Kongres Perempuan Indonesia di Hari Ibu Tahun 2021 oleh Kemen PPPA sebagai tokoh perempuan inspiratif dan berprestasi di Indonesia di Gedung Perpustakaan Nasional pada 27 Desember 2021 di Jakarta. Ia dinobatkan dalam kategori perempuan pegiat lingkungan wilayah pesisir.

Dia mengatakan penghargaan yang diraih merupakan awal untuk meningkatkan kontribusi bagi masyarakat dan lingkungan pesisir. Ulfiah mengatakan Yayasan Anak Pantai Sejahtera (YAPS) saat ini berkonsentrasi terhadap isu lingkungan dan sosial di wilayah pesisir dan pulau pulau kecil yang ada di Sulawesi Tenggara.

Baca juga: Ini pesan inspiratif dari tiga "perempuan keren" Indonesia

Baca juga: Jadi perempuan inspiratif tidak harus ke bulan


“Semoga apa yang diraih ini semakin memotivasi untuk terus berkontribusi, mengabdi dan berkarya bagi masyarakat serta menjadi motivasi dan inspirasi bagi teman-teman, tidak hanya pada penghargaan ini, saya akan terus berkarya untuk daerah dan akan sangat mengharapkan dukungan dari masyarakat,” ucapnya. Dia menyebut, selain dirinya, tokoh lain yang menerima penghargaan ini, antara lain Dr Susi Pudjiastuti dan Nur Asia Sandiaga Uno untuk Kategori Interpreneur Perempuan Inspiratif, Anissa Pohan untuk Kategori Perempuan Inspiratif Ibu Bumi, Hj Fahira Idris untuk Kategori Senator Inspiratif Perempuan, Kirana Kejora untuk Kategori Penulis 163 Buku, Novel Best Seller dan Produser Film Inspirasi Perempuan.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021