Balikpapan (ANTARA) - Warga di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diimbau mewaspadai hujan lebat hingga hujan petir yang diprakirakan terjadi pada Rabu-Kamis, 29-30 Desember, seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan dampak lainnya.

"Peringatan dini berupa kewaspadaan terhadap dampak cuaca ini telah kami sampaikan ke kabupaten/kota di Kaltim sebagai langkah antisipasi," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Selasa.

Sejumlah kawasan yang diprakirakan hujan lebat hingga hujan petir tersebut antara lain di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), meliputi Kecamatan Penajam, Babulu, Sepaku, dan Kecamatan Waru.

Rinciannya adalah di Kecamatan Penajam hujan lebat diprakirakan terjadi pada Rabu, pukul 11.00 wita, sementara hujan petir terjadi pada pukul 14.00 Wita.

Baca juga: Warga Kaltim diminta waspadai dampak hujan lebat

Baca juga: Sejumlah daerah di Kaltim diprakirakan hujan lebat pada Rabu esok


Kemudian di hari yang sama pada pukul 11.00 Wita, hujan lebat diprakirakan terjadi di Kecamatan Babulu, Sepaku, dan Kecamatan Waru.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PPU Nurlaila, langsung menindaklanjuti peringatan dini tersebut via sejumlah medsos maupun WA Grup, sebagai langkah antisipasi untuk kewaspadaan masyarakat.

"Peringatan dini dari BMKG yang disampaikan oleh Stasiun Meteorologi Kelas I SAMS Sepinggan ini langsung kami bagikan via medsos, termasuk ke sejumlah WA Grup. Dari sini, anggota grup pun diharapkan membagikan ke grup lainnya agar semua pihak saling waspada," ujar Nurlaila.

Selain di Kabupaten PPU, kata Diyan Novrida, hujan lebat juga diprakirakan terjadi di Kota Balikpapan pada Rabu, pukul 11.00 Wita, meliputi Kecamatan Balikpapan Kota, Balikpapan Timur, Balikpapan Barat, Balikpapan Selatan, Balikpapan Tengah, dan Balikpapan Utara.

Kemudian pada hari dan jam yang sama hujan lebat dan hujan petir berpotensi terjadi di Kabupaten Paser yang meliputi Kecamatan Tana Grogot, Batu Sopang, Muara Komam, Batu Engau, Kuaro, Long Ikis, Long Kali, Paser Belengkong, dan Kecamatan Tanjung Harapan.

Selanjutnya pukul 14.00 Wita hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Tanah Grogot, Batu Engau, Kuaro, Long Ikis, Muara Samu, dan Kecamatan Paser Belengkong,*

Baca juga: Kaltim diprakirakan hujan lebat pada Kamis-Jumat

Baca juga: Kaltim diprakirakan alami hujan lebat disertai petir pada Rabu-Kamis

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021