kami menambah stok BBM selama masa satgas tersebut
Mataram (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan gas tetap aman di wilayah Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur yang menjadi salah satu destinasi favorit untuk liburan merayakan Natal dan Tahun Baru 2022.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara (Jatimbalinus) Deny Djukardi melalui keterangan resmi di Mataram, Jumat, mengatakan pihaknya telah membentuk Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru (Satgas Nataru) sejak 30 November 2021 hingga 10 Januari 2022.

Satgas Nataru tersebut bertugas untuk memastikan ketersediaan energi bagi masyarakat di seluruh lembaga penyalur Pertamina, seperti stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), agen elpiji (LPG), pangkalan dan lembaga penyalur lainnya.

"Kami juga telah melakukan proyeksi untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi BBM dan elpiji serta avtur. Atas dasar proyeksi itu, kami menambah stok BBM selama masa satgas tersebut," katanya.

Khusus untuk wilayah NTB, kata dia, kebutuhan BBM selama Satgas Nataru meningkat sebesar enam persen dari kebutuhan normal dari 2.066 kilo liter (KL) per hari menjadi 2.180 KL tiap harinya. Sedangkan kebutuhan LPG meningkat sebesar satu persen dari kebutuhan normal sebelum masa Satgas.

Demikian pula untuk wilayah NTT, lanjut Deny, kebutuhan BBM selama Satgas naik sebesar delapan persen dari kebutuhan normal sebanyak 1.696 KL/hari menjadi 1.826 KL/hari.

"Untuk konsumsi LPG diperkirakan meningkat sebesar 14 persen selama masa Satgas Nataru tahun ini," ujarnya.

Selain itu, kata dia, konsumsi avtur sebagai bahan bakar pesawat udara pada periode Satgas Nataru diperkirakan naik sebesar dua persen dibandingkan konsumsi normal harian bulan sebelumnya. Di mana potensi tingginya arus mudik menggunakan moda transportasi udara diprediksi akan tinggi di tengah masa libur Natal dan Tahun Baru.

Deny menambahkan titik-titik konsentrasi masyarakat seperti tempat wisata dan tujuan perayaan Natal dan Tahun Baru di Nusa Tenggara, juga telah dikoordinasikan dengan pemerintah dan kepolisian untuk diantisipasi.

Selain menyiagakan seluruh SPBU yang berada di jalur utama mudik dan wisata, Pertamina Unit Region Jatimbalinus juga memperkuat pelayanan penyaluran BBM selama masa libur Natal dan Tahun Baru dengan penambahan awak dan mobil tangki dan SPBU Kantong.

"Kami juga memberikan pelayanan tambahan kepada masyarakat dengan menyiagakan mobil tanki siaga, agen LPG siaga dan outlet LPG siaga yang tersebar di 7.118 titik," ucapnya pula.

Di beberapa SPBU, kata dia, juga terdapat fasilitas tambahan pola bayar nontunai, MyPertamina, bank HIMBARA dan LinkAja.


Baca juga: Menteri ESDM pastikan pasokan BBM jelang Natal-Tahun Baru terpenuhi
Baca juga: Pertamina tambah pasokan BBM hingga 26 persen di Kalimantan
Baca juga: Pasokan BBM dan elpiji di DIY aman saat libur panjang

Pewarta: Awaludin
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021