Jakarta (ANTARA) -
Ketua DPR RI Puan Maharani menekankan pentingnya edukasi kepada orang tua agar vaksinasi anak usia 6-11 tahun dapat berjalan dengan baik.
 
Puan Maharani dalam keterangannya diterima di Jakarta, Selasa, juga memberi dukungan untuk pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun di Kota Blitar, Jawa Timur.
 
“Anak-anak ini sudah harus menjalani pembelajaran tatap muka sehingga vaksinasi menjadi penting untuk memastikan proses ini bisa dilaksanakan dengan aman bagi semua,” kata Puan.

Baca juga: Ketua DPR dukung percepatan program vaksinasi anak 6-11 tahun
 
Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu mendorong percepatan vaksinasi anak di daerah-daerah. Puan pun menginisiasi pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun yang digelar hari ini di SDN Sentul 2, Blitar, yang diberikan kepada 250 anak sekolah dasar.
 
Puan pun mengingatkan pentingnya peran orang tua dalam memastikan vaksinasi anak berjalan lancar. Oleh karena itu, stakeholder terkait diminta memberikan edukasi kepada orang tua agar tidak takut membawa anaknya untuk divaksinasi.
 
“Selain pemerataan distribusi vaksin, kita punya tanggung jawab untuk memastikan informasi dan pengetahuan tentang vaksin juga merata di semua kalangan,” kata Puan.
 
Jangan sampai menurut dia karena minimnya literasi vaksin, para orang tua kemudian ragu atau bahkan takut anak-anaknya menerima vaksin.
 
Kegiatan vaksinasi di SDN 02 Blitar dilaksanakan oleh Forkopimda Kota Blitar dengan Dinas Kesehatan Kota Blitar, Polres Blitar Kota dan Kodim 0808 Blitar.
 
Selain paket alat tulis, Puan juga memberikan makanan ringan dan kaus kepada para siswa peserta vaksinasi sebagai bentuk dukungan.

Baca juga: Ketua DPR minta masyarakat tidak panik dengan Omicron
 
Anggota DPR RI Dapil Jawa Timur VI Arteria Dahlan dan Sri Rahayu mewakili Puan membagikan buku serta alat tulis kepada peserta vaksinasi. Hadir pula dalam acara ini Walikota Blitar, Santoso.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar Dharma Setiawan mengatakan pihaknya menargetkan vaksinasi dosis pertama di Kota Blitar akan rampung pada Januari 2022.
 
Kota Blitar termasuk 21 wilayah di Jawa Timur yang telah memenuhi kriteria pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun.
 
“Target kami memberikan vaksinasi untuk 13.528 anak-anak berusia 6-11 tahun di Kota Blitar menggunakan vaksin Sinovac 0,5 ml dengan interval 4 minggu. Mudah-mudahan Maret tahun depan dosis kedua juga sudah selesai,” kata Dharma.
 
Kementerian Kesehatan menyebutkan Indonesia membutuhkan 58,7 juta dosis vaksin untuk 26,5 juta anak di mana sebanyak 6,6 juta anak akan divaksinasi menggunakan vaksin Sinovac yang saat ini sudah tersedia dengan target akhir Desember nanti.
 
Hingga saat ini, ada 8,9 juta jiwa dari 115 kabupaten/kota di 19 provinsi yang juga memenuhi syarat untuk melaksanakan vaksinasi anak usia dini.

Baca juga: Iriana Jokowi akan tinjau vaksinasi anak di Bandung

Baca juga: Milenial KSP kawal vaksinasi anak usia 6-11 tahun

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021