Surabaya (ANTARA) - Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyalurkan bantuan paket pangan dan kebutuhan lainnya untuk penyintas bencana Gunung Semeru.

Bantuan yang penyalurannya dikoordinasikan oleh Balai KIPM Surabaya I dan Balai KIPM Surabaya II ini dihimpun dari sejumlah pemangku kepentingan guna meringankan beban masyarakat yang terdampak awan panas guguran Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

"Bantuan sudah diserahkan kepada Ibu Wakil Bupati di Graha Nararya Kirana Kabupaten Lumajang," kata Kepala BKIPM, Rina, melalui keterangan tertulis di Surabaya Senin.

Baca juga: Ketua DPR minta Jembatan Gladak Perak segera diperbaiki

Ia mengatakan bantuan yang diberikan tersebut, di antaranya 9.700 ikan kaleng, 385 kilogram beras, 10 karton krupuk ikan, 11 pak susu kotak, 23 dus mi instan, 15 dus produk olahan ikan.

"Selain itu, juga ada 6 dus minyak goreng, 3 dus makanan ringan, 3 dus air mineral dan 1 dus vitamin," ujarnya.

Ia mengatakan bantuan lain yang diberikan adalah paket perlengkapan harian berupa perlengkapan mandi, sabun cuci piring, deterjen, sabun colek, pembalut dan pampers. Selain itu, juga ada sarung, mukena dan juga pakaian dalam serta selimut.

"Kebutuhan pokok dan perlengkapan yang diberikan merupakan wujud perhatian BKIPM kepada penyintas bencana erupsi Gunung Semeru," ujarnya.

Secara simbolis, kata dia, bantuan diserahkan kepada Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati Masdar, Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad, Kepala Dinas Kelautan Perikanan Kabupaten Lumajang dan perwakilan masyarakat terdampak awan panas guguran Gunung Semeru.

"Selanjutnya diserahkan ke posko pengungsian di SMP Negeri 2 Pasirian," ujarnya.

Baca juga: Lima ibu hamil melahirkan di posko pengungsian Gunung Semeru

Baca juga: Gunung Semeru kembali luncurkan awan panas guguran sejauh 3 km


Ia menyampaikan bahwa bantuan tersebut adalah bentuk simpati, empati, rasa duka dan belasungkawa kepada masyarakat Lumajang atas peristiwa yang terjadi.

Ia berharap semoga masyarakat yang terdampak bencana tabah, kuat, dan segera bangkit untuk melanjutkan kehidupan seperti semula.

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengatakan pemerintah Kabupaten Lumajang sangat berterima kasih atas kepedulian BKIPM kepada masyarakat Lumajang yang terdampak Gunung Semeru.

"Karena saat ini mereka sangat membutuhkan uluran tangan dan dorongan motivasi dari berbagai pihak," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021