Salah satu pemain truk Eropa sudah ada permintaan pesanan kepada kami sekitar 300-an unit sampai April 2022 untuk kebutuhan tambang batu bara
Jakarta (ANTARA) - Produsen karoseri PT Harapan Duta Pertiwi Tbk optimistis permintaan karoseri truk akan meningkat pada 2022 seiring dengan mulai menggeliatnya ekonomi domestik dari dampak pandemi COVID-19.

Direktur Utama PT Harapan Duta Pertiwi Tbk Kevin Jong mengatakan, perseroan tengah fokus dan berkomunikasi intensif dengan pemain-pemain besar khususnya dealer truk yang memasok sektor pertambangan.

"Kami optimistis tahun 2022 seharusnya lebih baik dibandingkan dengan 2021. Salah satu pemain truk Eropa sudah ada permintaan pesanan kepada kami sekitar 300-an unit sampai April 2022 untuk kebutuhan tambang batu bara," ujar Kevin dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Optimisme memasuki 2022, lanjut Kevin, juga ditopang oleh adanya perusahaan logistik yang sudah siap menambah kurang lebih 1.500-an unit armadanya pada 2022.

Kenaikan permintaan pasar itu seiring dengan membaiknya perekonomian nasional yang juga ditopang oleh membaiknya penanganan pandemi COVID-19 yang dilakukan pemerintah seperti vaksinasi yang masIf.

"Selain itu, karena harga komoditas, khususnya batu bara masih cukup bagus. Hal itu juga membuat kami optimistis dalam meningkatkan kinerja pada 2022," kata Kevin.

Harga komoditas pada 2021 lebih baik dibandingkan tahun lalu. Harga batu bara di pasar ICE Newcastle (Australia) tercatat sempat menyentuh 169,75 dolar AS per ton pada 16 Agustus 2021. Harga itu dinilai cukup tinggi.

Tahun 2020, tutur Kevin, sektor karoseri terpukul sejak adanya pandemi COVID-19 yang di Indonesia muncul sejak Maret 2020. Permintaan karoseri anjlok terutama sejak adanya pembatasan pergerakan orang guna menghambat penyebaran COVID-19.

Emiten berkode saham HOPE itu berdiri sejak 2005 dan bergerak di bidang karoseri pada kendaraan truk atau kendaraan komersial di Indonesia. Saat ini, berbagai macam lini produk karoseri HDP mencakup dump truck, tangki air, tangki crude palm oil (CPO) dan bahan bakar minyak (BBM).

Lalu, ada juga tangki hi-blow, cement mixer, wing box, dan box besi untuk transporter logistik. Selain itu, trailer untuk mengangkut kontainer, self-loader untuk mengangkut alat berat dan berbagai produk high engineering lainnya.

Baca juga: Tambah direktur, HOPE optimistis penjualan tumbuh 20 persen
Baca juga: Produsen karoseri Harapan Duta Pertiwi siap melantai di bursa
Baca juga: Inovasi bus dengan konfigurasi 1-1-1 diklaim bisa jadi tren

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021