Jakarta (ANTARA) - Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) Saleh Husin, Minggu, di Jakarta dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Penasehat Komite Sepeda Indonesia (KSI) bersama sejumlah tokoh nasional, baik dari pemerintah, TNI, Polri, politisi, pengusaha, artis, pengacara dan bankir.

Menurut kererangan tertulis yang diterima Minggu, KSI merupakan suatu perkumpulan penggiat sepeda yang menghimpun para pehobi sepeda dari berbagai komunitas. Kepengurusan KSI tersebar di seluruh Indonesia dengan Ketua Umum-nya mantan Sekda DKI Jakarta, Syahrul Efendy.

"Selain bersepeda, KSI juga melakukan berbagai kegiatan sosial dan lain-lain, sehingga olahraganya dapat, kegiatan tabungan untuk akhirat juga dapat," kata Saleh Husin, mantan Menteri Perindustrian, yang dikenal sebagai penggemar olahraga sepeda. 

Baca juga: UCI setuju Indonesia jadi pusat pelatihan balap sepeda Asia Tenggara 

Olahraga sepeda sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia, terutama di perkotaan. Tuntutan untuk sehat dan bugar, apalagi selama pandemi, akhirnya banyak orang memilih olahraga gowes ini.

Sebelum acara pengukuhan Dewan Penasehat KSI, rombongan pengurus KSI memulai kegiatan pagi hari dengan gowes bersama, yang start dari taman sepeda Blok M, Kebayoran Baru menuju Swissbell Hotel, Kalibata, Jakarta Selatan, yang dilepas oleh Sekda DKI Marullah Matali dan Walikota Jakarta Selatan Munjirin.

Tampak dalam rombongan tersebut, di antaranya aktor Leroy Osmany, aktris Ira Wibowo, pengacara Meidy Juniarto, pengusaha Rudy Irawan beserta istri, Emil Arifin dan istri, Yugi Prananto, Adjie serta Kadis Perhubungan DKI Syafrin Liputo. Semuanya nampak antusias dan bersemangat dalam mengayuh sepeda sampai ke tempat pengukuhan.

"Acara diakhiri dengan pembagian doorprize, yang membuat suasana menjadi meriah dan menghibur," ujar Saleh, yang juga merupakan Managing Director Sinarmas ini. 

Baca juga: Pecinta sepeda ontel ramaikan Etape III Tour de PDRI 
Baca juga: Gowes Jakarta-Bogor-Bandung, BKKBN sosialisasi pencegahan "stunting" 

 

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021