Semarang (ANTARA News) - Klub Italia AC Milan melalui PT Asia Sports Development (ASD) menyelenggarakan Indonesian All Star Team Challenge 2011 di Kota Semarang, Jawa Tengah, yang bertujuan mencari bibit pesepakbola muda terbaik usia 10 hingga 16 tahun.

"Program yang disponsori Pertamina dan diselenggarakan di sepuluh kota besar di Indonesia ini untuk mencari enam pesepak bola muda terbaik dari tiap kota yang akan memperoleh beasiswa pelatihan profesional di Milan Junior Camp di Bali," kata Manager Operasional PT ASD Ayu Savitri, di Semarang, Jumat.

Indonesian All Star Team Challenge 2011 yang menargetkan 1.000 peserta di tiap kota tersebut diselenggarakan di sepuluh kota yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Medan, Malang, Palembang, Pekanbaru, Makssar, Balikpapan, dan Bali.

Ia menjelaskan, proses seleksi di Kota Semarang akan berlangsung pada 21-22 Mei 2011 di Stadion Jatidiri dan dilakukan oleh para tim dosen Fakultas Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta.

"Seleksi hari pertama akan dilakukan tes kemampuan fisik, sedangkan pada hari kedua akan dilakukan seleksi kemampuan teknik dasar para peserta dan pengaplikasian pada pertandingan," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini sudah ada sekitar 250 anak telah mendaftar yang berasal dari Kota Semarang dan sekitarnya dan enam peserta yang lolos seleksi akan mengikuti Milan Junior Camp pada 17 Juni-17 Juli 2011 di Bali.

"60 anak dari sepuluh kota besar akan dilatih oleh para pelatih dari AC Milan Academy dan akan dipilih sebanyak 18 anak yang akan menjadi Indonesian All Star Team Challenge 2011," katanya.

Kedelapan belas anak yang terpilih, kata dia, berkesempatan melakukan pertandingan dengan perwakilan dari 30 negara lainnya dalam turnamen Intesa San Paolo dan semua biaya ditanggung.

"Pada 2010, Indonesian All Star Team meraih juara pertama di turnamen internasional Intesa San Paolo dan diharapkan pada tahun ini dapat mengukir prestasi yang sama," ujarnya.

Pjs GM Pertamina Regional IV Jateng-DIY, Taufik Puspo mengatakan, Pertamina sebagai perusahaan nasional menaruh perhatian yang cukup besar terhadap pengembangan dunia sepak bola di tanah air.

"Tahun ini kami mendukung pencarian bibit pesepak bola muda terbaik melalui program Indonesian All Star Team Challenge," ujarnya.

Menurut dia, komitmen Pertamina dalam mendukung kemajuan persepakbolaan di tanah air tidak hanya dibuktikan melalui kegiatan ini saja melainkan juga dalam mendukung Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada event Sea Games pada bulan November mendatang dan Asian Football Cup 2010.

Perwakilan Universitas Negeri Jakarta, Iwan Hermawan mengatakan, pihaknya berkesempatan kembali mendampingi pelaksanaan Indonesian All Star Team Challenge 2011.

Menurut dia, jika ingin dunia persepakbolaan di Indonesia maju dan berkembang maka perlu dilakukan kerja sama dengan klub-klub sepak bola di luar negeri seperti kegiatan Indonesian All Star Team Challenge.

(ANTARA/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011