Bangka Tengah (ANTARA) - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengisi Rp175 juta Lumbung Sosial Kampung Siaga Bencana (KSB) Kelurahan Batu Belubang Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna mengoptimalkan penanganan korban bencana di daerah itu.

"Kami atas Pemkab Bangka Tengah mengucapkan terima kasih kepada Ibu Tri Rismaharini yang mengisi Lumbung Sosial Kelurahan Batu Belubang ini," kata Wakil Bupati Bangka Tengah Herry Erfian di Kelurahan Batu Belubang, Minggu.

Ia mengatakan pendirian Lumbung Sosial di Kelurahan Batu Belubang sesuai Permensos Nomor 128 tahun 2011 tentang Kampung Siaga Bencana yang berbasis kemasyarakatan dalam penanggulangan warga terdampak bencana alam di daerah pesisir pantai ini.

Baca juga: Mensos serahkan bantuan Rp727 juta ke korban banjir Batu Belubang

"Saat ini ada sekitar 500 kepala keluarga terdampak banjir rob dan mereka telah mendapatkan bantuan dari Kemensos," ujarnya.

Menurut dia dalam meringankan beban warga terdampak banjir rob ini, Kementerian Sosial juga telah menyalurkan bantuan sembako, kebutuhan anak-anak, balita korban banjir rob ini.

Ia sangat bangga dan mengapresiasi Mensos Tri Rismaharini masih sempat mengunjungi dan memotivasi warga korban banjir rob di Kelurahan Batu Belubang ini.

"Sangat jarang sekali ibu/bapak menteri melakukan kunjungan kerja tiga hingga empat hari di satu provinsi," katanya.

Dalam rangka memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2021 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini pada Jumat (17/12) memulai kunjungan kerjanya di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Tengah dan Bangka Barat.

Pada momentum peringatan HKSN tahun ini, Mensos Tri Rismaharini tidak hanya menyalurkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) kepada anak yatim, piatu dan yatim piatu, kewirausahaan, aksesibilitas, dan kebutuhan dasar, tetapi juga mengunjungi korban banjir Bangka Tengah dan Bangka Barat. ***3***

Baca juga: Mensos dorong masyarakat pesisir bentuk koperasi
Baca juga: Mensos serahkan bantuan Atensi Rp1,477 miliar ke Pemkot Pangkalpinang

Pewarta: Aprionis
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021