Jakarta (ANTARA) - Pemain Bayern Muenchen Thomas Mueller merayakan penampilannya yang ke-400 di Bundesliga dengan menyarangkan satu gol dan sebuah assist saat sang juara bertahan mencukur VfL Wolfsburg 4-0 dalam laga Sabtu dini hari WIB yang memasuki jeda musim dingin dengan kokoh di puncak klasemen dalam selisih sembilan poin dari penguntit terdekatnya.

Pencetak gol terbanyak Robert Lewandowski juga memecahkan rekor gol liga terbanyak dalam satu tahun kalender tiga menit menjelang akhir pertandingan setelah melepaskan tendangan voli untuk mencetak gol ke-43 selama 2021 sehingga melampaui 42 gol yang dibuat Gerd Mueller pada 1972.

Mueller membuka keunggulan Bayern setelah memanfaatkan bola mantul pada menit ketujuh setelah kiper Koen Casteels mementahkan tendangan Serge Gnabry yang balik ke arah Mueller.

Baca juga: Erling Haaland pimpin Dortmund bungkam Greuther Fuerth

Mueller lalu menciptakan assist untuk gol yang dibuat Dayot Upamecano guna menggandakan kedudukan pada menit ke-57 sebelum Leroy Sane melepaskan tembakan melengkung ke sudut jauh atas dua menit kemudian.

Lewandowski sangat ingin mengakhiri tahun dengan prestasi tinggi setelah gagal mendapatkan Ballon d'Or tahun ini yang jatuh ke tangan Lionel Messi, tetapi tembakannya pertamanya melewati mistar gawang pada menit ke-66 dan kemudian upaya jarak dekatnya dimentahkan Casteels dengan penyelamatan yang luar biasa. .

Tapi dia tidak lagi menyianyiakan peluang dari jarak dekat pada menit ke-87 untuk memastikan Wolfsburg menelan kekalahan keempat berturut-turut dalam pertandingan liga dan kekalahan ketujuh berturut-turut dalam semua kompetisi.

Baca juga: Gladbach dipecundangi sepuluh pemain Frankfurt

Wolves melorot ke posisi 12 yang tiga poin di atas zona playoff degradasi.

Bayern yang memburu mahkota liga ke-10 berturut-turut kini sudah mengumpulkan 43 poin, sedangkan peringkat kedua Borussia Dortmund mengoleksi 34 poin dan akan bertandang ke kandang Hertha Berlin malam nanti.

Bundesliga akan jeda selama tiga pekan untuk kemudian berlanjut 7 Januari, demikian laporan Reuters.

Baca juga: Tren buruk Wolfsburg berlanjut seusai dipecundangi Cologne

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021