Jakarta (ANTARA) - Dewan Energi Nasional (DEN) melaksanakan sidang anggota untuk keenam kalinya pada 2021 dengan agenda antara lain peta jalan transisi energi menuju net zero emission.

Sidang anggota yang berlangsung melalui konferensi video di Jakarta, Kamis (16/12/2021), dipimpin Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif selaku Ketua Harian DEN.

Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Dewan Energi Nasional (DEN) Yunus Saefulhak dalam rilis yang diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan hadir dalam sidang anggota keenam tersebut antara lain anggota DEN dari pemerintah dan pemangku kepentingan serta wakil tetap anggota DEN dari kementerian dan lembaga.

Sesuai Peraturan Presiden (Perpres) No 26 Tahun 2008 tentang Pembentukan DEN dan Tata Cara Penyaringan Calon Anggota DEN, DEN melakukan sidang anggota secara berkala yang dipimpin Ketua Harian DEN dan dihadiri anggota DEN sekurang-kurangnya satu kali dalam dua bulan atau sewaktu-waktu jika diperlukan.

Baca juga: DEN dorong pengembangan energi rendah karbon

Selain membahas peta jalan net zero emission, menurut Yunus, agenda Sidang Anggota DEN ke-6 pada 2021 kali ini beragendakan pula mengenai progres dan tindak lanjut Sidang Paripurna DEN ke-1 pada 2021 dan draf Perpres Cadangan Penyangga Energi.

Sesuai Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi, struktur organisasi Dewan Energi Nasional (DEN) terdiri atas pimpinan dan anggota.

Pimpinan DEN adalah Presiden sebagai ketua, Wakil Presiden sebagai wakil ketua, dan Menteri ESDM sebagai ketua harian.

Sedangkan, Anggota DEN terdiri atas tujuh menteri dari unsur pemerintah dan delapan orang dari unsur pemangku kepentingan.

Pemerintah Indonesia sudah menargetkan pencapaian net zero emission atau karbon netral pada 2060 atau lebih cepat.

Baca juga: DEN: Teknologi rendah karbon energi fosil perlu dalam transisi energi

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021