Bakauheni, Lampung (ANTARA News) - Arus penyeberangan penumpang di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Provisni Lampung menuju Pelabuhan Merak Banten meningkat hingga 20 persen pada hari terakhir libur panjang bertepatan dengan Perayaan Hari Raya Waisak 2011.

Manajer Operasional PT Angkutan Sungai Danau dan Periran (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Heru Purwanto, Selasa mengatakan, di Bakauheni, peningkatan tersebut mulai terjadi sejak Selasa pagi, dari Pelabuhan Bakauheni menuju Merak dan sebaliknya.

"Memang peningkatan hanya sekitar 20 persen, namun hingga nanti malam diperkirakan akan mencapai 25 persen dari saat normal," terang dia.

Ia menyebutkan, peningkatan penumpang ini tidak begitu tampak karena hanya didominasi oleh kendaraan roda dua, roda empat atau mobil pribadi dan pejalan kaki, sedangkan volume kendaraan bus, truk, serta tronton masih tetap sama.

Kemudian, lanjut Heru, dengan peningkatan tersebut tidak terjadi antrian kendaraan di kantong-kantong parkir pelabuhan tersebut, karena seluruh kendaraan yang hendak menyeberang langsung terangkut kapal roll on roll off (Roro) yang beroperasi melayani rute kedua pelabuhan.

"Kami telah berkoordinasi dengan ASDP Merak yang juga mengalami peningkatan penumpang pada jumlah tersebut," imbuh dia.

Selain itu, kata dia, kemungkinan tidak ada penambahan armada kapal Roro untuk melayani penyeberangan karena 23 armada masih mencukupi, namun trip bertambah dan lebih padat, bahkan hingga malam hari bisa mencapai 26 armada.

Sementara itu, menurut perwira jaga Administrator Pelabuhan Bakauheni, Rudi Mahfudi, penumpang di pelabuhan itu mengalami peningkatan, namun jumlah kapal yang beroperasi masih sekitar 23 kapal feri.

Jika membutuhkan bantuan tambahan armada pihaknya akan segera memberikan izin penambahan kapal untuk operasi melayani jalur penyeberangan tersebut.

Ia mengatakan, peningkatan penumpang memang didominasi oleh kendaraan roda dua, roda empat serta pejalan kaki yang sejak pagi memadati pelabuhan tersebut hingga menjelang sore hari.

Kemudian untuk kondisi cuaca di jalur pelayaran Bakauheni-Merak atau sebaliknya masih cenderung aman untuk melayani penumpang karena kecepatan angin di ketinggian gelombang masih tetap pada ambang batas normal sejak beberapa hari terakhir.

Berdasarkan data dari Adpel Bakauheni hingga Selasa siang jumlah trip kapal yang beroperasi melayani penumpang telah mencapi 41 trip dan hingga Selasa malam diprediksikan mencapai lebih dari 80 trip kapal Roro.(*)
(T.KA*A054/I006)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011