London (ANTARA News) - Delegasi Komisi VII DPR RI yang dipimpin Teuku Riefky Harsya dengan anggota Sutan Bhatoegana, Hartanto Edhie Wibowo, Tri Yulianto, Jhoni Allen Marbun, Tri Hanurita, Halim Kalla, Arsyadjuliandi Rachman, Totok Daryanto, Kus Indarwati, Rahmat Setiadi, dan Abdul Nasir baru baru ini mengadakan kunjungan kerja ke Paris.

Sekretaris Tiga KBRI Paris, Gita Loka Murti kepada Antara London, Selasa menyebutkan Komisi VII yang membidangi energi, riset dan teknologi serta lingkungan hidup bertemu dengan mitra di Parlemen Perancis (Assemblee Nationale) untuk bertukar pikiran dan pengalaman dalam pembuatan undang-undang, utamanya bidang energi.

Pembicaraan antara lain berkisar pada peran parlemen dalam menetapkan perjanjian kerjasama internasional di bidang energi, dukungan parlemen di dalam penguatan perusahaan energi Negara.

Selain pengawasan terhadap pemerintah terkait pelaksanaan undang-undang atau kebijakan di bidang energi, dan dukungan parlemen dalam pengembangan kebijakan energi terbarukan yang ramah lingkungan serta penurunan emisi.

Pada kesempatan ini, Komisi VII melakukan penjajakan mengenai kemungkinan dilakukannya kerjasama pengembangan teknologi energi terbarukan antara Indonesia dan Perancis yang disambut baik oleh pihak Perancis.

Komisi VII juga bertemu dengan Kementerian Perancis dan institusi lainnya di bidang energi dan energi yang terbarukan, guna memperoleh informasi dan berdiskusi mengenai kebijakan energi Perancis terkait manajemen suplai dan pemenuhan permintaan energi terbarukan.

Topik pembahasan meliputi mekanisme koordinasi perencanaan dan pelaksanaan kebijakan energi dan lingkungan hidup, penguatan perusahaan negara dan industri energi, model subsidi dan feed in tariff dalam kebijakan energy.

Selain itu dibahas mekanisme pelibatan publik atau para pemangku kepentingan, serta rencana aksi Pemerintah Perancis untuk mencapai target emisi CO2 hingga 72 persen pada 2070.

Dalam kesempatan kunjungan kerja, Komisi VII juga mengadakan pertemuan dengan manajemen TOTAL, manajemen Electricite de France (EDF-perusahaan listrik Perancis) dan manajemen ALSTOM International Energy.

Kunjungan Komisi VII DPR RI sekaligus menjadi kunjungan balasan Parlemen Perancis yang membidangi energi pada tahun 2009 dan menyumbang lebih lanjut pada peningkatan hubungan bilateral RI-Perancis. (ZG/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011