Sebelumnya UII juga telah mengirim tim medis yang terdiri atas dokter senior dan dokter muda Fakultas Kedokteran UII.
Yogyakarta (ANTARA) - Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta memberangkatkan dua truk logistik ke wilayah terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur.

Bantuan logistik dari UII bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Wilayah Yogyakarta dan Korem 072/Pamungkas diserahkan secara simbolis di Gedung Kuliah Umum Prof. Dr. Sardjito UII, Yogyakarta, Jumat.

"Semoga dengan kami salurkan bantuan ini bisa mengasah empati kepada saudara-saudara kita yang terdampak," kata Rektor UII Prof Fathul Wahid.

Menurut dia, logistik berupa selimut, tikar lipat, popok bayi, pembalut, dan bahan makanan pokok tersebut diangkut ke lokasi terdampak bencana menggunakan dua truk militer milik Korem 072/Pamungkas.

Beberapa hari sebelumnya UII juga telah mengirim tim medis yang terdiri atas dokter senior dan dokter muda Fakultas Kedokteran UII.

Fathul menuturkan bantuan kepada korban bencana erupsi Gunung Semeru merupakan salah satu ikhtiar mewujudkan visi, misi, dan tujuan UII.

"Visi misi dan tujuan UII yakni turut serta membangun masyarakat dan negara Republik Indonesia yang adil dan makmur serta mendapat ridho dari Allah SWT," ujar dia.

Fathul menambahkan UII akan terus berusaha maksimal membantu masyarakat di Tanah Air yang mengalami musibah.

Melalui program UII Peduli, menurut dia, UII akan membantu masyarakat yang terdampak bencana lewat penggalangan bantuan baik berupa barang pokok serta dana bantuan.

"Semoga bentuk kemanusiaan bisa sampai dengan selamat bagi korban yang kini tengah kesulitan," kata Fathul Wahid.

Baca juga: ACT DIY-UII berangkatkan truk kemanusiaan ke derah bencana

Baca juga: Pemprov DKI gandeng ACT kirimkan 10 truk bantuan korban Semeru

Baca juga: ACT kerahkan tiga kendaraan dapur umum bantu korban erupsi Semeru

Baca juga: ACT olah 50 ton beras dan 5 ton ayam untuk penyintas Semeru

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021