Jakarta (ANTARA) - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membawa edisi khusus yang ditawarkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 lalu. Edisi khusus ini menjadi senjata PT SIS menghadapi perubahan generasi baru maupun facelift bagi All New Xenia maupun Mitsubishi Xpander. Bahkan harga mobil Ertiga edisi khusus ini pun tak begitu jauh berbeda daripada versi standar.

Diberi nama Suzuki Ertiga Suzuki Sport FF, mobil ini merupakan tambahan terbaru dari lini model Ertiga yang sebelumnya sudah dipenuhi oleh All New Ertiga standar dan All New Ertiga Suzuki Sport. Sebagai bagian dari kesan special pada mobil ini, hanya ada 125 unit yang dipasarkan di seluruh Indonesia.

Dalam peluncurannya, Dony Saputra selaku 4W Marketing Director PT SIS mengungkapkan, "Kalau kita tahu, segmen manisnya otomotif Indonesia salah satunya adalah Low MPV dan Low SUV. Mau tidak mau persaingannya sangat keras dan masing-masing merek akan memberikan effort terbaiknya supaya produk bisa diterima konsumen."

Secara total, ada 13 perubahan yang diberikan pada edisi khusus ini dibandingkan model standar Ertiga Suzuki Sport yang menjadi basisnya. Mulai dari aksesoris di bagian luar yang membuat tampilannya terasa lebih garang hingga penyematan fitur baru yang memberikan kesan lebih canggih dengan banderol yang tak jauh berbeda dengan harga mobil Ertiga biasa. Berikut beberapa perubahan yang ditawarkan.

Eksterior yang lebih sporty

Tak jarang Suzuki Ertiga disebut membawa kesan elegan untuk sekelas Low MPV perkotaan. Mobil keluarga andalan Suzuki ini memang lebih menawarkan kenyamanan. Tapi khusus untuk edisi spesial ini, PT SIS menambahkan berbagai aksesoris yang membuatnya terlihat lebih sporty dibandingkan versi biasa.

Mulai dari grille depan bagian atas dan bawah yang dibalut dengan kelir hitam yang sebelumnya berwarna silver. Ditambah dengan diffuser berwarna hitam dengan aksen merah dan list berwarna hitam sebagai pelengkap tampilan fascia depan.

Beralih ke samping, ada stiker Side Body Black Decal serta Side Under berwarna hitam dan aksen merah untuk tampilan yang lebih atraktif. Menanggalkan kesan sederhana yang ditemukan pada varian standar. Sebagai pelengkap, untuk spion samping mendapatkan warna yang berbeda dengan bodi, yaitu warna hitam disertai aksen merah.

Sedangkan di bagian belakang, perbedaan terasa pada spoiler di bagian belakang atas yang berwarna hitam, serta bukaan pintu bagasi dengan moulding garnish berwarna merah dan aksen hitam memanjang pada bumper bawah. Sebagai pelengkap, tampilannya tak kalah sporty melalui diffuser berwarna hitam dan aksen merah yang senada dengan fascia depan.

Sedangkan dari segi dimensi, mobil ini masih tetap tanpa perubahan. Dengan panjang mencapai 4,4 meter dan lebar 1,7 meter, mobil ini memiliki radius putar 5,2 meter. Sudah cukup baik untuk sebuah mobil berkapasitas 7 penumpang. Begitu pula dengan ground clearance 180 mm yang pas untuk pengendaraan di dalam kota.

Interior dapatkan peningkatan minimalis

Masuk ke dalam kabin, sayangnya memang tak banyak perubahan yang diberikan pada Ertiga yang memang sudah cukup nyaman ini. Hanya saja dengan harga mobil Ertiga Suzuki Sport FF yang lebih tinggi, PT SIS menawarkan tampilan baru dari jahitan berwarna merah yang kontras dengan dominasi warna hitam pada jok dan interior. Membawa kesan sporty masuk ke interior mobil.

Dari segi kenyamanan, Ertiga yang mengalirkan rasa nyaman dari bangku baris pertama hingga baris ketiga bisa dibilang menjadi salah satu yang ternyaman di kelasnya. Apalagi bangku baris ketiga terasa cukup lega untuk penumpang ketiga, hal yang jarang dimiliki oleh pesaingnya.

Fitur baru yang lebih canggih

All New Ertiga Suzuki Sport FF menerima fitur baru yang belum ditemukan pada pesaingnya di segmen LMPV. Adalah e-Mirror yang baru saja disematkan sebagai teknologi baru pada spion tengah. Fitur canggih ini mampu merekam kejadian yang ada di depan maupun belakang kendaraan, serta meningkatkan visibilitas berkendara dengan memperlihatkan kondisi di belakang mobil tanpa terhalang penumpang di baris kedua maupun ketiga.

Selain itu, fitur standar pada Ertiga Suzuki Sport masih dipertahankan. Mulai dari Electronic Stability Program (ESP), Dual SRS Airbag, sistem pengereman ABS+EBD, dan AC Auto Climate with heater tetap menemani pengemudi dan penumpang sepanjang perjalanan. Begitu pula dengan Hill Hold Control yang akan mempermudah ketika berkendara di jalanan menurun.

Mesin bertenaga namun irit BBM

Suzuki yang dikenal menghadirkan mobil yang irit BBM pun tetap mempertahankan mesin bensin K15B yang sudah ditemukan pada mobil ini sejak pembaruan masif di generasi kedua. Berkapasitas 1.5 liter, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 104,7 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak yang mencapai 138 Nm pada 4.400 rpm.

Sama seperti model Ertiga lainnya, edisi khusus ini mendapatkan dua pilihan mesin, yaitu 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis. Untuk pengendaraan sudah cukup mulus, walaupun mobil ini masih kalah teknologi dibandingkan pesaingnya yang sudah beralih ke transmisi CVT otomatis.

Hanya saja Ertiga masih dikenal sebagai mobil yang irit bahan bakar. Dengan tak banyak perubahan teknologi yang diberikan, kemungkinan besar Ertiga Suzuki Sport FF tetap membawa efisiensi bahan bakar yang tak jauh berbeda. Mungkin sedikit lebih boros mengingat banyak aksesoris tambahan yang tentunya membuat bobot mobil semakin berat.

Harga mobil Ertiga Suzuki Sport FF

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hanya ada dua pilihan tipe yang dipasarkan untuk mobil ini. Harga Ertiga Suzuki Sport FF pun dibanderol tak jauh berbeda dibandingkan model standar, dengan model bertransmisi manual 5-percepatan dibanderol mulai dari Rp 258 jutaan dan model bertransmisi otomatis dihargai Rp 268 jutaan.

Bandingkan dengan harga mobil Suzuki standar yang masih terjangkau di segmen Low MPV yang ditempati oleh Avanza, Mobilio, dan Xenia. Harganya mulai dari Rp 201 jutaan untuk tipe terendah Suzuki Ertiga GA, hingga Rp 243 jutaan untuk Ertiga GX sebagai tipe tertinggi.

Tapi bagi pelanggan yang menginginkan model yang lebih mirip dengan Ertiga Suzuki Sport FF bisa melayangkan pilihannya pada All New Ertiga Suzuki Sport. Sama-sama menawarkan dua pilihan tipe transmisi manual dan otomatis, mobil ini dibanderol dengan harga Rp 245 jutaan.

Untuk model yang lebih lama, harganya sendiri sudah berada di kisaran Rp 100 jutaan. Contohnya saja Suzuki Ertiga bekas keluaran 2016, edisi facelift dari generasi pertama sudah bisa didapatkan dengan harga Rp 110 jutaan hingga Rp 135 jutaan. Sedang model edisi awal tahun 2012 hingga 2013 berada di kisaran Rp 90 jutaan sampai Rp 120 jutaan.

Pihak Suzuki Indonesia sendiri menyebutkan bahwa Ertiga Suzuki Sport FF bukan menjadi model edisi khusus terbaru yang akan dibawa ke Indonesia. Ada beberapa model lainnya yang sedang dipersiapkan dengan penambahan aksesoris untuk membuat tampilannya semakin garang sebagai bagian edisi khusus Suzuki.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021