Fokus kami sosialisasikan AH sebagai capres melalui aksi sosial.
Jakarta (ANTARA) -
Relawan Airlangga Untuk Indonesia (RELASI) menyalurkan bantuan 2.000 paket sembako untuk korban letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.
 
Pelepasan bantuan paket tersebut dihadiri Ketua Dewan Pembina RELASI Agus Gumiwang Kartasasmita, Ketua RELASI Mukhtarudin, Sekretaris RELASI Lamhot Sinaga, dan Bendahara RELASI Rudy Mas'ud di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Jumat.
 
"Penyaluran bantuan ini sifatnya spontanitas dari RELASI berupa bantuan paket sembako untuk saudara kita korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang," kata Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan tertulisnya.
 
Menurut Agus Gumiwang yang juga Menteri Perindustrian itu, bantuan tersebut merupakan bagian dari kepedulian RELASI atas musibah yang menimpa masyarakat Lumajang dan sekitarnya.
 
"Ini adalah niat tulus dan rasa peduli atas apa yang dialami mereka saat ini. Kita berharap masyarakat yang terkena dampak, agar sabar dan berdoa, senantiasa dalam lindungan-Nya," ujarnya.
 
Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar ini, juga menyebutkan bahwa kehadiran RELASI sejalan dengan berbagai kegiatan pergerakan masyarakat dari akar rumput salah satunya bidang sosial.
 
"Ini juga murni pergerakan masyarakat arus bawah yang tergabung dalam satu komunitas yang memiliki satu visi yang sama dalam bidang sosial, khususnya mengenai kinerja Ketua Umum DPP Partai Golkar yang juga Menko Perekonomian Bapak Airlangga Hartarto," ujarnya pula.
 
Di tempat yang sama, Ketua Umum RELASI Mukhtarudin mengatakan, program RELASI hanya satu yakni gerakan sosial dalam membantu masyarakat.
 
"Nah hari ini kami distribusikan kurang lebih 2.000 paket, Insya Allah nanti kita lihat juga ketika di lapangan. Kalau memang memerlukan, apakah hanya paket sembako ataukah kebutuhan lainnya," katanya.
 
Mukhtarudin menyebutkan, salah satu program RELASI adalah pembagian sembako yang hari ini dimulai dibagikan untuk korban letusan Semeru.
 
"Nanti juga akan ke seluruh Indonesia," katanya pula.
 
Namun ke depan, ujar Mukhtarudin, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dalam upaya memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak letusan Gunung Semeru.
 
"Nanti kami melihat, dan kami tetap koordinasi dengan jaringan kami yang ada di bawah, baik yang ada di formal, struktur partai maupun yang lain. Utamanya kami adalah bagaimana kita membantu masyarakat umum, apalagi di masa pandemi ini masyarakat sangat terdampak. Nah, kami datang ke mereka paling tidak kami membantu terhadap kesulitan yang mereka alami pada saat pandemi ini dan juga kalau ada bencana seperti erupsi di Semeru yang ada pada saat ini," kata Mukhtarudin.
 
Di samping aksi-aksi sosial, RELASI juga dinamis dengan gerakan sosialisasi Airlangga Hartarto (AH) sebagai calon presiden (capres) yang diusung Partai Golkar.
 
"Fokus kami sosialisasikan AH sebagai capres melalui aksi sosial," ujarnya lagi.
 
Terkait jaringan RELASI, Mukhtarudin mengaku sudah memiliki jaringan yang cukup kuat.
 
"Kami ada di setiap daerah tapi battle war RELASI di tahun 2024 ada di Pulau Jawa, yakni DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Timur," ujarnya.
 
Kegiatan pertama, menurut dia, sedang on going, tugasnya bagi sembako tidak pakai struktur yang besar dan deklarasi.
 
"Kami langsung action saja yang penting membantu masyarakat dengan kegiatan sosial untuk masyarakat," katanya pula.
 
Sekjen RELASI Lamhot Sinaga berharap masyarakat dapat terbantu dari aksi sosial yang diselenggarakan RELASI.
 
"Harapan kami adalah pada saat aksi sosial ini sekaligus juga mensosialisasikan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto yang diusung Partai Golkar sebagai capres pada Pilpres 2024," katanya.
 
Utamanya, kata Lamhot, kegiatan aksi sosial yang dilakukan RELASI dengan membagikan 2.000 paket sembako ini adalah ingin mendekatkan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan masyarakat banyak.
 
“Mendekatkan Pak Airlangga Hartarto tentu banyak cara. Cara yang kami pilih adalah melalui aksi sosial supaya nama Pak Airlangga Hartarto ada di hati masyarakat," katanya lagi.

Lamhot menyebutkan 2.000 paket yang akan diberikan kepada korban letusan Gunung Semeru terdiri beras 3 kg, gula pasir, minyak goreng, sarden, mi instan, kopi, dan teh.
Baca juga: Relawan pendukung Airlangga safari politik sembilan provinsi

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021