Tentunya hal itu tidak lepas dari 'tangan dingin' Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan jajarannya.
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi berharap Polri mempertahankan tingkat kepercayaan publik ke depannya dengan selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Dia mengapresiasi hasil survei Indikator Politik Indonesia yang menyebutkan Polri sebagai lembaga penegak hukum yang mendapatkan simpati dan tingkat kepercayaan 80,2 persen oleh publik, menggeser Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Tentunya hal itu tidak lepas dari 'tangan dingin' Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan jajarannya yang ingin melakukan perubahan dalam meningkatkan kepercayaan dan pelayanan kepada publik," kata Andi Rio dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Dia berharap Polri tidak puas pada angka hasil survei tersebut, namun harus mempertahankan bahkan meningkatkan capaian tersebut.

Menurut dia, Polri harus mendekati angka kesempurnaan dan tidak menjadikan hasil survei sebagai tolak ukur kepuasan publik, namun harus direalisasikan dalam kinerja keseharian Polri kepada masyarakat.

"Terus lakukan perbaikan dan pendekatan humanis serta langkah persuasif kepada publik, baik dari sisi penegakan hukum dan pelayanan," ujarnya.

Andi Rio menilai, Polri harus terus berusaha meningkatkan kepercayaan publik sampai angka 95 persen, karena tidak mungkin sampai 100 persen.

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI itu mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran aparat Polri yang mau melakukan perubahan dari waktu ke waktu.

Andi Rio meminta anggota Polri harus dapat menjaga sikap dan selalu memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

"Jangan sampai tingkat kepercayaan publik ke depannya menurun, karena ulah segelintir oknum kepolisian yang tidak disiplin dan dapat merusak citra institusi Polri itu sendiri," katanya.

Dia menilai, jajaran Polri harus satu suara menjalankan perintah dan arahan Kapolri.

Hal itu, menurut dia, karena hasil survei tersebut bukti bahwa Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mempunyai niat baik dan konsen membawa Polri untuk menjadi lebih baik, yaitu Polri yang Presisi dan dicintai publik.
Baca juga: Kompolnas apresiasi survei kepuasan masyarakat terhadap Polri
Baca juga: Survei: TNI jadi lembaga dengan tingkat kepuasan tertinggi

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021