Jakarta (ANTARA) -- PT WIJAYA KARYA (Persero) Tbk. (WIKA) melalui Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan Departemen Operasi IV Divisi Infrastruktur 2 cepat tanggap membantu para warga yang terdampak atas musibah erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. 

Cepat bergerak, sejak Minggu, (5/12) pagi hingga saat ini Keluarga Besar WIKA Group bahu-membahu menyalurkan bantuan bagi warga sekitar Kabupaten Lumajang yang terpaksa harus mengungsi di posko evakuasi akibat luncuran awan panas dan banjir lahar dingin Gunung Semeru.

Sekretaris Perusahaan, Mahendra Vijaya menjelaskan bahwa fokus bantuan yang disalurkan WIKA Group dalam cepat tanggap erupsi, meliputi kebutuhan warga, seperti makanan siap saji, selimut, hygine kit, keperluan bayi, masker, obat-obatan dan sebagainya. 

Bantuan tersebut seluruhnya telah disampaikan kepada warga terdampak melalui posko Kementerian BUMN.

Selain bantuan logistik, WIKA juga melaksanakan program lanjutan penanggulangan bencana hingga tahap pemulihan dengan memberikan dukungan psikososial bagi warga terdampak, khususnya bagi anak-anak dan lansia dengan membentuk pelatihan trauma healing.

Trauma healing dilaksanakan melalui pendampingan masyarakat pasca bencana alam dan melakukan aktivitas belajar dan bermain bagi anak-anak. Semoga upaya ini dapat mengurangi trauma selama di pengungsian dan pasca bencana alam,” terang Mahendra. 

Sejalan dengan tingkat aktivitas Gunung Semeru yang masih berada pada Level II (waspada). WIKA juga terus berkoordinasi mengenai perkembangan kebutuhan warga terdampak di lapangan bersama PT Petrokimia Gresik sebagai Koordinator Satuan Tugas BUMN untuk bencana alam area Jawa Timur.

“WIKA terus memastikan kebutuhan warga pengungsi di posko-posko evakuasi dapat terpenuhi. Kita berharap dengan bantuan yang dikerahkan dapat meringankan beban saudara kita di Kabupaten Lumajang dan sekitarnya, dan semoga situasi Gunung Semeru dapat kembali kondusif,” pungkas Mahendra.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021