Pekanbaru (ANTARA News) - Tuan rumah PSPS Pekanbaru berhasil menekuk tamunya Bontang FC dengan skor telak 6-2 dalam pertandingan lanjutan Liga Super Indonesia di Stadion Sport Center, Taluk Kuantan, Riau, Minggu.

Enam gol Asykar Bertuah dicetak Dzumafo Herman pada menit 7 dan 37, kemudian Banaken Bassoken menit 22, M Isnaini menit 46, Patrice Nzekou menit 68, dan Victory Yendra menit 73. Sedangkan gol balasan Bontang FC diciptakan Fadil Sausu menit 49, dan Satoshi Otomo menit 86.

Kemenangan itu sekaligus membawa tim PSPS yang diasuh Abdulrahman Gurning naik ke peringkat 10 klasemen sementara dengan 27 poin dengann 21 laga, sedangkan Bontang FC tetap menjadi tim juru kunci di zona play off dengan 13 poin dari 24 pertandingan.

Sejak wasit meniup peluit pertanda dimulainya babak pertama, anak-anak Pekanbaru langsung memperagakan permainan menyerang ke daerah pertahanan Bontang FC yang dikawal Hamdi Hamzah dan kawan-kawan.

Walhasil baru berjalan 7 menit striker PSPS asal Kamerun, Dzumafo Herman sudah bisa membawa timnya unggul satu gol lewat tendangan kaki kanan setelah terjadi kemelut di depan gawang lawan.

Meski bermain tanpa diperkuat April Hadi yang bermain di sayap kanan, yang di pertandingan kali ini posisi itu diisi Putut Waringin Jati, namun ternyata tidak membuat serangan PSPS tumpul pada posisi sayap itu.

Terbukti menit 37 Putut memberikan "assist" bagi terciptanya gol kedua Dzumafo, dan gol ketiga bagi PSPS setelah sebelumnya menit 22 Banaken menggandakan keunggulan lewat sundulan kepala dari sepak pojok yang dilakukan Patrice Nzekou.

Gol pemain asal Kamerun itu sekaligus menjadi penutup di babak pertama, dan menjalani istirahat turun minum.

Memasuki babak kedua, PSPS langsung mengambil inisiatif menyerang dan Isnaini berhasil mencuri bola dari pemain bawah Bontang yang berada di dalam kotak penalti dan langsung melepaskan tendangan keras yang melahirkan tendangan pojok.

Bola tendangan pojok itu berhasil dimanfaatkan Isnaini lewat tandukan kepala dan menjebol gawang Bontang FC yang dijaga Ade Mochtar menit 46, sekaligus membawa keunggulan 4-0 bagi PSPS.

Walau tampil tertekan, namun Bontang bisa memperkecil ketinggalan lewat Fadil Sausu yang memperdayai kiper PSPS, Fance Haryanto lewat tendangan kaki kiri saat melakukan serangan balik menit 49.

Namun demikian, menit 68 Nzekou berhasil menjebol gawang Ade Mochtar melalui titik putih setelah bek kiri Bontang, Abdul Rahman melanggar Putut Waringin Jati di dalam kotak terlarang yang membuat kedudukan 5-1.

Victory Yendra yang masuk menggantikan M Isnani di pertengahan babak kedua, mampu menjawab kepercayaan pelatih lewat satu gol yang beliau ciptakan menit 73 setelah mendapat umpan matang Dzumafo dari sisi kanan yang lepas dari kawalan pemain lawan.

Pemain Bontang asal Jepang, Satoshi Otomo berhasil memperkecil kekalahan menjadi 6-2 setelah menciptakan gol melalui tendangan keras dari luar kotak penalti empat menit sebelum laga usai. Skor 6-2 bagi kemenangan PSPS tidak berubah hingga pertandingan usai.

Susunan pemain

PSPS Pekanbaru; Fance Haryanto, Agus Cima, Banaken Bassoken, Dedy Gusmawan, Danil Junaidi, Patrice Nzekou, Shin Hyun Joon/Alamsyah Nasution, Fajar Handika, Putut Waringin Jati/Edi Sibung, Dzumafo Herman, M.Isnaini/Victory Yendra.

Bontang FC: Ade Mochtar, Hamdi Hamzah, Mancelino Mandagi, Aidin Elmi, Abdul Rahman, Arbadin, Usman/Dani Marfelous Damangge, Satoshi Otomo, Ali Khaddafi, Fadil Sausu/Muhamad Istigfar, Kenji Adachihara.(*)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011