Ngga usah panjang-panjang. Jadi, bagaimana seorang penonton setelah menonton film ini dia akan tergugah dan berpikir
Jakarta (ANTARA News) - Gunakan kamera anda untuk membuat video kampanye hemat bahan bakar minyak. Kalau karya anda menang kompetisi maka siap-siap mendapat iPad, uang tunai dan kesempatan ikut kursus membuat film pendek.

Goodyear Indonesia membuat sebuah kompetisi Goodyear CreatiVideo, sebuah video pendek online untuk mengkampanyekan cara berkendara yang hemat bahan bakar.

Fenty Berliana, GM Marketing Good Year mengatakan  kompetisi itu bertujuan  menghasilkan video pendek yang sarat informasi, tips dan inovasi untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menghemat bahan bakar.

"Kami (Goodyear) menantang masyarakat terutama anak muda yang penuh dengan ide segar untuk membuat video pendek bertema saving fuel," katanya ketika menggelar jumpa pers "Goodyear CreatiVideo" di  Jakarta,  Kamis.

Joko Anwar, sutradara terkemuka mengatakan Indonesia banyak menyimpan bakat-bakat muda yang pintar membuat film. "Sayangnya, mereka tidak tahu harus kemana menyalurkan bakat tersebut, nah kompetisi inilah sebagai jembatan antara industri film dan bakat mereka," kata Joko.

Dia mengemukakan umumnya mereka yang membuat film sudah mengenal produser dan sutradara.  "Ajang ini mencari talenta muda yang tidak mengenal siapa-siapa," katanya yang juga selaku juri video pendek tersebut.

Dewan juri itu sendiri terdiri dari Joko Anwar (Sutradara Film), Fenty Berliana (Goodyear Indonesia), Rashid Sidek (Praktisi Komunikasi) dan Charly Himawan (Pemimpin Redaksi Majalah Cinemags).

Sehubungan video pendek, Joko menekankan durasi video itu sekitar dua, lima dan sepuluh menit yang penting bagaimana peserta melakukan story telling, ceritanya menarik dan pesan saving fuelnya mengena.

"Ngga usah panjang-panjang. Jadi, bagaimana seorang penonton setelah menonton film ini dia akan tergugah dan berpikir," kata Joko.

Informasi mekanisme dan pengiriman kompetisi itu dikirim melalui situs jejaring sosial Facebook. Kompetisi itu akan dimulai dari 10 Mei 2011 - 15 Juni 2011 melalui akun Facebook Goodyear Indonesia.

"Banyak video konten di Indonesia diupload melalui Facebook daripada YouTube," kata Fenty.

Bagi para pemenang akan mendapatkan komputer tablet Apple iPad, uang tunai Rp. 10 juta dan bea siswa kursus "Short Film Production" dari International Design School (IDS).
(ANT/A038)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011