Jakarta (ANTARA) -
PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia), masih belum mau memproduksi ban Battlax yang diperuntukkan bagi kendaraan roda dua secara lokal. Perusahaan asal jepang itu masih fokus untuk menggarap ban yang diperuntukkan bagi kendaraan roda passenger maupun komersial.

Saat ini, ban yang banyak digunakan untuk kendaraan motor sport itu masih harus diimpor dari Malaysia dan juga Jepang, meski di Indonesia tergolong banyak penggemar kendaraan sport dari roda dua.

"Fokus kami masih pada produksi untuk kendaraan passenger dan juga komersial untuk saat ini, jadi kami belum bisa bicara itu sekarang," ungkap Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia, Mukiat Sutikno pada saat media Gathering di Karawang, Kamis.

Baca juga: Bridgestone jadi ban resmi Fisker Ocean

Dalam hal ini, memang terlihat jelas bahwa Bridgestone Indonesia memiliki cukup komplit tipe-tipe ban yang diperuntukkan oleh kendaraan roda empat mulai dari passenger dan juga komersial yang mereka produksi di pabrik mereka yang terletak di Bekasi dan juga Karawang.

"Di pasaran Indonesia produk Bridgestone mengisi line up untuk segmen kendaraan kelas menengah, premium, sport, touring, ramah lingkungan, serta produk ban khusus yang ditujukan untuk kendaraan tipe Sport Utility Vehicles (SUV), baik untuk medium SUV maupun SUV premium," kata dia.

Sales & Marketing Director Bridgestone Indonesia, Bangun Istyaji mengatakan bahwa pasar kendaraan SUV akan terus meningkat setiap tahunnya, sehingga segmen ini akan menjadi lebih bergairah dan diperkirakan pada 2030 mendatang akan menjadi puncaknya.

"Bila merujuk pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), memasuki tahun 2020 untuk tipe kendaraan SUV sepertinya semakin banyak diminati masyarakat Indonesia. Diperkirakan trend ini akan terus berlanjut dan meningkat hingga 2030. Hal tersebut tentunya turut menjadi fokus Bridgestone dalam memberikan pelayanan terbaik untuk menghadirkan produk yang tepat di pasaran," kata pria yang akrab disapa Aji dalam kesempatan yang sama.

Tren peningkatan minat terhadap SUV ini secara otomatis menurut Aji akan turut berpengaruh pada peningkatan penggunaan ban dengan diameter rim yang lebih tinggi, 17 inci atau lebih. Untuk segmen ini Bridgestone diwakili oleh produk Dueler H/P 680, Dueler A/T697, Dueler M/T 674, dan untuk premium SUV tersedia Alenza.
 
"Namun hal ini bukan berarti mengalihkan fokus kami untuk segmen lainnya. Kami akan tetap memberikan yang terbaik untuk setiap segmen dan tipe kendaraan," ucap dia.
 
Memasuki usianya yang ke-45 tahun di Indonesia, Bridgestone juga akan lebih meningkatkan layanan servisnya dengan terus menjajaki layanan mobile service melalui layanan Mobile Care untuk TOMO dan Mobile Service BTTC untuk menjangkau jaringan pelanggan yang lebih luas, dan memberikan kenyamanan lebih kepada konsumen.

Baca juga: Komitmen Bridgestone di hari jadi yang ke-45 untuk Indonesia

Baca juga: Membedah rasa berkendara New Xpander

Baca juga: Bridgestone resmikan gerai ban kendaraan niaga di Palembang
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021