Jakarta (ANTARA News) - Takanobu Ito, Presiden Honda Motor Co. mengatakan perusahaannya sedang mengembangkan mobil sport  pengganti Acura NSX yang sudah tidak diproduksi.

Seiring perkembangan zaman, mobil baru itu tidak  akan menggunakan mesin garang V-10.  Krisis keuangan global telah membuat Honda urung mengusung V-10.

Saat berbicara kepada wartawan di pameran mobil Shanghai, Ito mengatakan mobil itu harus enak dikemudikan sekaligus  ramah lingkungan: "Itu adalah jenis mobil sport yang kami ingin buat."

Ito tidak memberikan rincian mobil sport atau jenjang waktunya. Kendaraan itu diperkirakan menggunakan listrik untuk menambah kekuatan mesin bensin, kata juru bicara Honda. Mobil pengganti Acura NSX itu nantinya menjadi  pasangan mobil sport CR-Z dengan dua tempat duduk dan berperforma tinggi.

"Kami sedang bekerja keras untuk mewujudkannya," kata Ito.

Pendahulu Ito, Takeo Fukui mematikan rencana pergantian NSX sebagai satu dari penghematan pemotongan biaya.

Versi NSX diperkirakan memiliki  mesin V-10 di bagian depan dan paling tidak bertenaga 500 tenaga kuda.  NSX generasi pertama, menggunakan  mid-mount V-6 dan terakhir kali diproduksi akhir 2005 setelah 14 tahun kelahirannya.
(Adm/A038)
Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011