Jakarta (ANTARA) - IONITY, perusahaan jaringan pengisian daya berkinerja tinggi untuk mobil listrik (electric vehicle/EV), merencanakan untuk memperluas jaringannya dari sekitar 1.500 titik pengisian saat ini menjadi 7.000 titik pengisian pada 2025.

IONITY merupakan perusahaan patungan yang sahamnya dimiliki BMW Group, Mercedes-Benz AG, Ford Motor Company, Hyundai Motors dengan KIA, Volkswagen Group dengan Audi dan Porsche, dan segera bergabung perusahaan investasi BlackRock.

Jaringan IONITY menggunakan standar pengisian daya Eropa, Combined Charging System (CCS). Teknologi 800 volt di stasiun pengisian berarti bahwa jaringan dapat digunakan untuk mengisi daya Porsche Taycan dengan potensi penuh hingga 270 kW (kilowatts).

Baca juga: Korsel ingin tingkatkan produksi hidrogen sebagai sumber energi utama

Dengan menggunakan Layanan Pengisian Porsche, pengemudi Taycan juga mendapatkan keuntungan dari harga standar dan diskon signifikan di stasiun pengisian daya cepat IONITY; saat ini 0,33 Euro per kilowatt jam.

"Kami melihat peningkatan yang jelas dalam elektromobilitas dan yang terkait infrastruktur pengisian daya berkinerja tinggi. Di Porsche, 50 persen mobil yang dikirim ke seluruh dunia pada tahun 2025 diharapkan sebagian atau seluruhnya menggunakan listrik--lebih dari 80 persen pada akhir dekade ini," kata Oliver Blume, Ketua Dewan Eksekutif di Porsche AG, dalam siaran pers, dikutip Selasa.

Dengan berinvestasi dalam usaha patungan IONITY, Porsche mengirimkan sinyal penting kepada pelanggan dengan meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bepergian dengan kendaraan listrik lebih jauh, kata Oliver Blume.

Titik pengisian IONITY akan dibangun tidak hanya di jalan raya Eropa, tetapi juga di dekat kota-kota besar dan di sepanjang jalan utama. Lokasi selanjutnya di masa yang akan datang akan dibangun dengan enam hingga dua belas titik pengisian.

Selanjutnya, situs yang ada di sepanjang rute dengan permintaan pengisian daya yang tinggi akan ditingkatkan dengan titik pengisian tambahan.

Sebagai bagian dari konsep unggulan Oasis, IONITY bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan layanan secara signifikan. Untuk melakukannya, perusahaan ber-maksud untuk memperoleh lebih banyak lahan untuk mendirikan taman pengisian dengan layanan katering mereka sendiri dan toko-toko yang terhubung.

Layanan Pengisian Porsche memberi pengemudi akses ke titik pengisian daya di seluruh dunia yang dimiliki oleh berbagai penyedia, termasuk IONITY. Saat ini, hampir 200.000 titik pengisian daya terhubung di Eropa, di 20 negara. Hal itu termasuk sekitar 6.500 titik pengisian dengan kapasitas pengisian lebih dari 50 kW DC.

Penagihan pusat dilakukan melalui Porsche. Selain jaringan usaha patungan IONITY, Porsche berencana untuk mendirikan stasiun pengisian cepat sendiri di sepanjang rute transportasi paling penting di Eropa.

Dengan Porsche Destination Charging, pelanggan dapat mengisi daya model Porsche hibrida listrik dan plug-in mereka secara gratis di lokasi-lokasi populer.

Program ini sekarang menyediakan lebih dari 2.700 titik pengisian AC di lebih dari 70 negara, ter-masuk di hotel, restoran, bandara, pusat perbelanjaan, klub olahraga, dan marina. Perluasan jaringan lebih lanjut saat ini berjalan lancar.

Baca juga: Hyundai gabung BMW VW buat jaringan pengisian daya mobil listrik

Baca juga: Hyundai Creta akan menuju pasar ekspor

Baca juga: Hyundai tidak siapkan Creta opsi tujuh penumpang
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021