Medan (ANTARA) - Kendaraan komersial ringan andalan Dongfeng Sokon (DFSK) Indonesia yakni DFSK Super Cab terbukti kuat dan irit saat dibawa berkendara mengelilingi Kota Medan, Sumatera Utara, dengan muatan satu ton semen.

Dalam ajang Super Cab Media Challenge (SCMC) yang digelar Kamis (25/11) itu, DFSK Super Cab mampu melibas berbagai kondisi jalan Kota Medan dan mencatat konsumsi BBM 16,5 KM/L dengan jarak tempuh 62,9 KM.

SCMC Medan, yang merupakan penyelenggaraan kelima setelah Jakarta, Bali, Bandung, dan Surabaya, diikuti oleh 10 jurnalis baik dari media lokal maupun nasional yang dibagi ke dalam lima tim. Masing-masing tim terdiri dari pengemudi dan navigator.

Antara berkesempatan untuk menjadi salah satu peserta ajang pembuktian ketangguhan dan keiritan dari mobil segmen kendaraan pick-up yang diproduksi Indonesia itu.

Titik start dimulai dari Budaya Resto yang terletak di Kabupaten Deli Serdang dan berakhir di Dealer DFSK di Kota Medan. Dalam tantangan tersebut, Antara mengendarai DFSK Super Cab bermesin bensin DK15 1.500 cc bertenaga 102 dk dan torsi 140 Nm.

Baca juga: DFSK Glory i-Auto menghadirkan Intelligent Feature

Baca juga: DFSK berharap insentif dari pemerintah Indonesia

Dalam perjalanan yang memakan waktu sekitar 2,5 jam itu, Antara merasakan sejumlah hal yang menyenangkan. Di mulai dari posisi berkendara yang dirasa cukup ergonomis.

Meski tidak ada pengaturan tilt dan teleskopik pada setir, namun kursi pengemudi yang dapat dimaju mundurkan cukup membantu memperoleh posisi menyetir yang relatif nyaman.

Tuas transmisi manual lima percepatan terasa mudah dioperasikan. Begitu pula pedal kopling dan gas yang cukup empuk dan responsif saat "dimainkan".

Beralih ke performa, DFSK Super Cab dirasa memiliki tenaga yang berisi. Torsi pada putaran bawah terasa mantap saat dikendarai di tengah kemacetan kota.
Salah satu unit kendaraan DFSK Super Cab yang mengikuti Super Cab Media Challenge (SCMC) di Medan, Sumatera Utara, Kamis (25/11/2021) (ANTARA/HO-DFSK)


Ketika diajak berlari di jalan tol, mobil ini juga menyajikan akselerasi yang cukup instan dan stabil. DFSK Super Cab tetap terasa menyenangkan dan nyaman dikendarai meski menggendong muatan semen satu ton.

Handling DFSK Super Cab juga dirasa cukup stabil saat dibawa bermanuver zig zag membelah kepadatan kota Medan. Mobil ini memiliki AC yang dingin dan head unit yang telah dilengkapi port USB dan Aux.

Antara tidak menemukan kendala berarti saat mengendarai DFSK Super Cab. Mobil ini dirasa tangguh dan mumpuni sebagai kendaraan niaga. Dimensi flat deck berukuran 2.460 mm x 1.670 mm x 340 mm (PxLxT) membuat mobil ini jadi salah satu yang terbesar di kelasnya.

Mobil ini juga terbukti ekonomis. Capaian konsumsi BBM yang menyentuh hasil 16,5 KM/L dengan menggunakan teknik full to full tergolong sangat irit.

"Hasil yang didapatkan di momen kali ini merupakan data yang riil dimana uji coba dilakukan secara langsung di jalan raya dengan barang bawaan yang berat di bagian bak," ujar PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi.

DFSK Super Cab terbukti tangguh, bertenaga, nyaman, dan irit bahan bakar. Keunggulan tersebut dirasa cocok untuk menunjang berbagai aktivitas usaha dan meningkatkan keuntungan bisnis.

Rofiqi berharap DFSK Super Cab bisa menjadi rekan terbaik baik para pengusaha untuk mendapatkan keuntungan usaha yang berlipat ganda.

Baca juga: DFSK gelar promo akhir tahun untuk Glory 560 hingga Gelora E

Tanggung jawab sosial

Selain menggelar SCMC, DFSK juga melaksanakan program tanggung jawab sosial perusahaan dengan menyumbangkan lima ton semen yang diangkut tersebut ke dua tempat ibadah yang berada di sekitar dealer DFSK.

Ini merupakan kali kelima DFSK menyalurkan semen untuk pembangunan tempat ibadah. Sebelumnya, perusahaan otomotif asal China tersebut telah menyalurkan 21 ton semen, di mulai sejak April 2021.
Sales & Marketing Director PT Sokonindo Automobile Cing Hok (dua kanan) dalam acara penyerahan bantuan lima ton semen untuk dua masjid di area sekitar dealer DFSK Medan, Sumatera Utara, Kamis (25/11/2021) (ANTARA/HO-DFSK)


Penyaluran bantuan semen itu dimulai dari Jakarta dengan enam ton semen untuk pembangunan masjid, lalu di Bali dengan lima ton semen untuk pembangunan pura, di Bandung 2,5 ton semen untuk pembangunan masjid dan 2,5 ton semen untuk pembangunan gereja, serta lima ton semen untuk pembangunan masjid di Surabaya.

"Dari dealer kita kasih kebebasan mau rumah ibadah, sekolah, fasilitas kebersihan, atau lainnya. Jadi memang mungkin yang dilihat dari dealer adalah lingkungan sekitarnya banyak seperti masjid, gereja yang perlu dibangun. Itu kenapa diputuskan dari pihak dealernya untuk support area sekitar," kata Rofiqi.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa pihaknya masih akan melakukan kegiatan serupa hingga akhir tahun. Terdekat, kata dia, DFSK akan melakukan penyaluran semen di wilayah Sulawesi.
Salah satu unit kendaraan DFSK Super Cab yang mengikuti Super Cab Media Challenge (SCMC) di Medan, Sumatera Utara, Kamis (25/11/2021) (ANTARA/HO-DFSK)


"Desember kita akan adakan satu acara lagi. Kotanya masih kita lihat nanti, mungkin bisa di Sulawesi karena ini pertama kalinya di Sumatera, di Medan. Bulan depan kita mau coba di Makassar, karena di Makassar belum pernah kita coba buat acara seperti ini," kata Rofiqi.

Spesifikasi singkat 

DFSK Super Cab merupakan kendaraan komersial ringan bermodel pick-up yang diproduksi di Pabrik DFSK Cikande, Serang, Banten.

Dengan kapasitas flat deck terbesar di kelasnya, Super Cab mampu mengangkut beban hingga 1,4 ton sehingga cocok untuk bisnis logistik, peternakan, pertanian, dan berbagai sektor usaha lainnya.

DFSK Super Cab bisa diubah menjadi model tertentu apabila konsumen memerlukan armada bisnis di bidang angkutan umum, ambulans, mobil box, chiller box hingga moko (mobil toko). Perubahan model itu disediakan oleh dealer DFSK tanpa perlu mendatangi karoseri.

Super Cab tersedia dalam dua varian mesin, pertama mesin bensin DK15 1.500 cc bertenaga 102 dk dan torsi 140 Nm. Adapun yang kedua adalah varian diesel 1.300 cc bertenaga 75 dk dan torsi 190 Nm.

Baca juga: DFSK harap lini kendaraan komersial dorong penjualan mobil nasional

Baca juga: DFSK salurkan lima ton semen untuk pembangunan masjid di Medan

Baca juga: DFSK - DAMRI kerja sama elektrifikasi transportasi darat
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021